In-depth

Termasuk Match Fixing, Ini Transformasi Rivalitas Manchester United vs Liverpool

Minggu, 24 Februari 2019 16:50 WIB
Editor: Coro Mountana
© Indosport/Internet
Manchester United vs Liverpool Copyright: © Indosport/Internet
Manchester United vs Liverpool

INDOSPORT.COM – Jagat sepak bola Inggris bakal terhenyak untuk sementara waktu ketika Manchester United menghadapi Liverpool di lapangan hijau. Rivalitas tiada henti dari dua tim tersukses di Inggris itu sejatinya tidak bermula dari sepak bola.

Mundur ke tahun 1894, permusuhan yang terjadi antara Manchester United dengan Liverpool berawal ketika ada permasalahan perdagangan di pelabuhan. Saat itu Liverpool dikenal sebagai kota pelabuhan karena kedekatannya dengan laut.

Liverpool yang merasa di atas angin pun mematok cukai yang mahal untuk ekspor impor barang yang melalui pelabuhan mereka. Hal itu membuat para pedagang Manchester mencak-mencak dan sangat membenci Liverpool.

Lantas karena merasa tidak terima, dibangunlah kanal perkapalan terbesar di dunia oleh Manchester yang sontak langsung membuat Liverpool merugi karena pelabuhannya menjadi sepi. Hal itu membuat para penduduk di Liverpool jadi membenci Manchester hingga lahirlah rivalitas itu.

Persaingan dan permusuhan di pelabuhan terbawa sampai ke lapangan hijau setiap kali Manchester United dan Liverpool bertemu. Namun, sejarah mencatat bahwa penggawa kedua tim pernah melakukan persengkongkolan jahat yang menodai nilai luhur sepak bola, apa itu?

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%