Liga Indonesia

4 Gol 'Tangan Tuhan' yang Terjadi di Kompetisi Sepak Bola Indonesia

Jumat, 29 Maret 2019 06:09 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Rafif Rahedian
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Kompetisi sepak bola Indonesia ternyata pernah menciptakan 4 gol yang terjadi dengan handball atau 'Tangan Tuhan' dan disahkan wasit.

Turnamen sepak bola Indonesia memang unik dan sangat menggelitik akan semua fenomena yang terjadi. Mulai dari gol offside, tak disahkan, hingga handball.

Tentu saja jika mengingat gol 'Tangan Tuhan' semua penggemar sepak bola akan merujuk pada mantan bintang Timnas Argentina Diego Armando Maradona.

Dimana Diego Maradona menjadi pesepakbola pertama di dunia yang mencetak gol menggunakan tangan pada ajang Piala Dunia 1986 dan disahkan wasit. Nah julukan 'Tangan Tuhan' pun muncul dari situ.

© ISTIMEWA
Caption Copyright: ISTIMEWAMantan striker Timnas Argentina Diego Maradona yang mencetak gol 'tangan tuhan' di Piala Dunia 1986.

Berbagai fenomena gol 'tangan tuhan' kerap terjadi di sejumlah kompetisi sepak bola internasional. Bahkan kali ini ada di ajang sepak bola Indonesia juga.

Oleh karenanya INDOSPORT coba menyajikan gol-gol yang dijuluki 'Tangan Tuhan' pada kompetisi sepak bola Indonesia. Siapa saja kira-kira?

1. Patrich Wanggai

© Kalteng Putra
Patrich Wanggai saat jalani latihan bersama Kalteng Putra Copyright: Kalteng PutraPatrich Wanggai saat jalani latihan bersama Kalteng Putra.

Baru-baru ini striker Kalteng Putra Patrich Wanggai mencetak gol dengan menggunakan tangan ketika bersua Persija Jakarta di Piala Presiden 2019, Kamis (28/03/19).

Gol tersebut tercipta melalui situasi sepak pojok menit ke-56. Dimana bola yang melesat ke mulut gawang disambut oleh Patrich Wanggai.

Alih-alih mengenakan kepalanya, Wanggai malah memanfaatkan tangannya untuk membelokan bola. Wasit Thoriq Alkatiri, yang memimpin laga, tetap mengesahkan gol tersebut.

Keributan pun terjadi, di mana pemain Persija melakukan protes pada Thoriq. Bahkan pelatih Macan Kemayoran Ivan Kolev sempat berdiskusi dengan sang pengadil.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Libero_idn (d/h @libero_id) (@libero_idn) on

"Susah, karena memang, tentu sakitlah kalau kalah seperti ini. Saya tadi tanya wasitnya, kenapa itu, I dont see, dia bilang, saya tidak lihat itu," tutur Kolev dalam konferensi pers pasca laga.

2. Diego Assis

© Angger Bondan/Jawa Pos
Gol tangan tuhan Diego Assis dalam laga Persela vs Persija. Copyright: Angger Bondan/Jawa PosGol tangan tuhan Diego Assis dalam laga Persela vs Persija di Liga 1 2018.

Kemudian gol 'Tangan Tuhan' kedua datang dari pemain Persela Diego Assis. Gol tersebut terjadi pada laga Persela vs Persija di ajang Liga 1 2018, 20 Mei silam.

Saat itu Diego Assis mendapat umpan lambung dari sisi lapangan. Awalnya ia melepaskan tendangan salto tetapi bola malah membentur tiang dan memantul lagi padanya.

Nah, pasca bola pantulan tersebut, Diego Assis berinisiatif menyundul bola. Tetapi ia malah menggunakan tangannya untuk mendorong bola ke gawang Persija.

Sontak para pemain Persija protes keras akan keputusan wasit Annas Apriliandi yang malah mengesahkan gol tersebut. Gol yang tercipta pada menit ke-83 ini membuat Persija kalah 0-1 dari Persela.

3. Cristian Gonzales

© Ian Setiawan/INDOSPORT
Esteban Vizcarra dan Cristian Gonzales, masih berpengaruh besar terhadap skema permainan Arema. Copyright: Ian Setiawan/INDOSPORTEsteban Vizcarra dan Cristian Gonzales, masih berpengaruh besar terhadap skema permainan Arema.

Selanjutnya gol kreasi 'Tangan Tuhan' juga pernah dibuat oleh striker naturalisasi dari Uruguay Cristian Gonzales pada Liga 1 2017 lalu.

Kala itu Arema FC vs Bali United berakhir dengan skor 0-2 dan berlangsung di Stadion Gajayana, Malang, 17 Juni 2017 silam atau dua tahun lalu.

Saat itu pemain Arema FC melepaskan umpan lambung dari sepak pojok dan ditanduk oleh rekannya tetapi membentur mistar gawang.

Bola tersebut kemudian mengarah ke Cristian Gonzales dan dirinya 'menggunakan' tangannya untuk mengubah arah bola masuk ke gawang Bali United.

Para pemain Bali United pun protes ke wasit Oki Dwi Putra. Akan tetapi ia tetap bergeming dan teguh akan keputusannya mensahkan gol Gonzales.

4. Firly Apriansyah

© Istimewa
Firly Apriansyah akan bergabung dengan Bhayangkara FC (BFC) dengan status pinjaman. Copyright: IstimewaFirly Apriansyah saat masih membela Persebaya United.

Terakhir gol 'tangan tuhan' dikemas oleh mantan pemain Persebaya United (kini Bhayangkara FC) Firly Apriansyah pada ajang SCM Cup 2015 lalu.

Firly melakukan gol 'tangan tuhan' ketika Persebaya United bersua Arema Cronous. Gol berawal dari umpan rekannya dari sisi lapangan ke mulut gawang.

Dengan cepat Firly menyambut bola tersebut. Akan tetapi tandukannya tak bisa menjangkau bola dan dirinya menggunakan tangan untuk menceploskan ke gawang lawan.

Usai aksi menggunakan 'Tangan Tuhan' tersebut Firly mendapat protes keras dari para pemain Arema Cronous. Akhirnya wasit memilih untuk tak mensahkan gol dan memberikan kartu kuning pada Firly.

Terus Ikuti Update Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM.

6