Liga Indonesia

Menguak Seluk Beluk Persewar Waropen, Kuda Hitam Liga 2 yang Cuma Dapat Modal Rp50 Juta

Jumat, 14 Juni 2019 21:25 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Lanjar Wiratri
© pssi.org
Skuat Persewar Waropen yang lolos promosi ke Liga 2 2019. Copyright: © pssi.org
Skuat Persewar Waropen yang lolos promosi ke Liga 2 2019.

INDOSPORT.COM - Fakta dan data mengejutkan tim Persewar Waropen, si Kuda Hitam Liga 2 Indonesia asal Papua yang tak boleh dianggap remeh. Pihak Persewar Waropen sebelumnya merasa 'dilecehkan' karena hanya diberi modal Rp50 juta oleh Bank Papua untuk mengarungi Liga 2. 

Memasuki musim kompetisi kasta kedua Liga Indonesia, Liga 2 2019, sejumlah tim tengah berbenah dengan mendatangkan beberapa pemain bintang demi meraih hasil maksimal di akhir musim.

Termasuk salah satu tim asal provinsi Papua, Persewar Waropen yang musim ini berhasil promosi ke Liga 2 yang telah terlihat melakukan pergerakan aktif di bursa transfer.

Nama Persewar sendiri mungkin masih terbilang awam di telinga pecinta sepak bola Tanah Air, sebab klub yang bermarkas di Gelora Waropen Stadium ini baru terbentuk di tahun 2005 silam.

Namun meski baru 14 tahun di Liga Indonesia, tim berjuluk Mutiara Bakau sukses tampil gemilang di setiap musim dan mencapai puncak prestasi saat promosi ke Liga 2.

Hebatnya lagi Persewar secara mengejutkan berhasil menyingkirkan sejumlah klub-klub dengan tradisi lebih baik, salah satunya Persijap Jepara.

Kedatangan Persewar di Liga 2 pun seolah menghidupkan kembali asa klub-klub asal Timur Indonesia, sehingga klub Papua tak hanya mengandalkan Persipura seorang.

Di Liga 2 musim depan sendiri dipastikan hanya akan diwakili oleh dua klub asa Papua, yakni Persewar Waropen dan PSBS Biak.

Untuk mengenal lebih dekat salah satu wakil asal Papua di Liga 2 ini, berikut INDOSPORT.COM coba mengulas dan merangkum sejumlah fakta serta data menarik dari Persewar Waropen. 

1. Diperkuat Sejumlah Pemain Timnas
Menyambut Liga 2 musim depan, Persewar Waropen bergerak cukup agresif dengan mendatangkan beberapa pemain bintang bahkan berlabel Timnas.

Dua pemain teranyar yang berhasil didatangkan adalah Oktovianus Maniani dan Marco Kabiay. Nama pertama mungkin sudah sangat familiar, lantaran sukses membawa Timnas Indonesia meraih gelar runner-up di Piala AFF 2010 lalu.

©
Caption Copyright: Oktovianus Maniani, pemain anyar Persewar.

Sementara Marco Kabiay merupakan bintang yang sempat bersinar di Persiram Raja Ampat, dan pernah bergabung dengan Timnas Indonesia U-23 tahun 2013 silam.

Tak hanya dua pemain Timnas, Persewar juga diperkuat sejumlah muka-muka lama yang cukup sering memperkuat tim Liga Indonesia seperti Victor Pae dan Izaac Wanggai.

Bahkan rumor belakangan yang berkembang juga mengatakan bahwa manajemen tengah mengincar sayap lincah, David Laly, yang sempat berkarier di Liga Malaysia.