Liga Inggris

Bukan Chelsea, Klub Liga Inggris Ini yang Paling Kerap Gonta-ganti Pelatih

Rabu, 26 Juni 2019 10:45 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© INDOSPORT
Mantan pelatih Chelsea, Claudio Raneri dan Maurizio Sarri. Copyright: © INDOSPORT
Mantan pelatih Chelsea, Claudio Raneri dan Maurizio Sarri.

INDOSPORT.COM – Chelsea bukanlah satu-satunya klub Inggris yang sering mengganti pelatihnya. Mengungguli klub Stamford Bridge itu, Southampton merupakan tim yang paling sering mengalami bongkar pasang juru taktik.

Dilansir dari kanal berita olahraga Foxsport Asia, Southampton telah mengalami 18 kali pergantian pelatih sejak 1992 silam. Jumlah itu sendiri tidak termasuk pelatih sementara yang ditunjuk selama mereka mengalami transisi manajemen.

Mulai dari Ian Branfoot, Dave Merrington, Graeme Souness, Dave Jones, Glenn Hoddle, Stuart Gray Gordon Strachan, Paul Sturrock, dan Steve Wigley pernah menjadi juru taktik klub yang bermarkas di St Mary’s Stadium.

Selain itu, mereka juga pernah menunjuk Harry Redknapp, Nigel Adkins, Mauricio Pochettino, Ronald Koeman, Claude Puel, Mauricio Pellegrino, Mark Hughes dan Ralph Hasenhüttl selama 27 tahun terakhir.

Diantara 18 orang itu, ada sejumlah pelatih sepak bola yang meninggalkan Southampton karena kinerjanya yang buruk. Mauricio Pochettino dan Ronaldo Koeman diketahui meninggalkan klub karena bujukan klub Liga Inggris lainnya.

Di belakang Southampton, Chelsea menjadi klub kedua yang sering menunjuk pelatih anyar. Mereka sudah ditukangi 14 pelatih sejak Maurizio Sarri meninggalkan Juventus musim panas ini. Dengan kepergian Sarri, kini klub tengah mencari kandidat untuk menjadi pelatih ke-15 mereka.

Chelsea hanya memiliki lima pelatih sepak bola dalam 11 tahun sebelum era kepemimpinan Roman Abramovich. Dimulai dari Ian Porterfield, ia lalu digantikan oleh Glenn Hoddlle, Ruud Gullit, Gianluca Vialli, dan Claudio Ranieri.

Saat Abramovich datang, dia menunjuk Jose Mourinho. Kemudian Mourinho diganti oleh Avram Grant, Luiz Felipe Scolari, Carlo Ancelotti, Andre Villas-Boas, Roberto Di Matteo, Antonio Conte and Sarri. 

Dengan hengkangnya Sarri usai menukangi selama satu musim dan menjuarai Liga Europa 2018/19, The Blues membutuhkan pelatih baru untuk memimpin musim 2019/20 mendatang.

Frank Lampard disebut-sebut tengah menyelesaikan kesepakatan untuk menjadi pelatih ke-15 Chelsea. Lampard dikabarkan sudah mendapatkan lampu hijau dari klub besutannya Derby County kembali ke London Barat.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%