Bola Internasional

Terbongkar! 4 Klub Eropa Pernah Incar Calon Bek Naturalisasi Indonesia

Senin, 8 Juli 2019 14:21 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Arum Kusuma Dewi
© GettyImages
Keziah Veendorp (FC Emmen, Belanda). Copyright: © GettyImages
Keziah Veendorp (FC Emmen, Belanda).

INDOSPORT.COM - Baru-baru ini terbongkar sudah kalau calon bek naturalisasi Indonesia Keziah Veendorp ternyata pernah diincar empat klub Eropa.

Empat klub Eropa yang sempat mengincar tanda tangan Keziah Veendorp terjadi saat pemain kelahiran Sappemeer ini berkancah dengan Timnas Belanda U-17.

Keziah Veendrop dipercaya menjadi kapten Timnas Belanda U-17 kala berkiprah di Piala Eropa U-17 2014 yang berlangsung di Malta.

Berduet dengan Calvin Verdonk, Timnas Belanda U-17 tampil begitu gemilang. Bahkan Timnas Belanda U-17 dibuat tak terkalahkan sejak babak grup sampai laga pemuncak.

Akan tetapi di final, Timnas Belanda U-17 harus kandas dari Timnas Inggris U-17 lewat adu penalti dengan skor 1-4 (skor akhir 1-1) usai dua tendangan rekan Veendorp tak berbuah gol.

Berkat penampilan yang sangat bagus tersebut, Kenziah Veendorp ternyata masuk dalam radar empat klub Eropa. Hal itu tertuang dalam laman media daring Belanda Keuken Kampioen Divisie.

"AS Monaco, Paris Saint-Germain, Inter Milan, dan Ajax Amsterdam sempat membuatnya masuk ke radar belanja mereka. Tidak seperti banyak pemain sepak bola muda masa kini, Veendorp dapat menahan godaan," tulis media tersebut.

Saat itu Keziah mengaku masih ingin bertahan bersama FC Groningen. Akan tetapi pada awal 2017/2018 dirinya menerima pinangan FC Emmen, klub Eredivisie.

© Erwin Otten/Soccrates/Getty Images
Pemain FC Emmen Keziah Veendorp yang memiliki darah keturunan Indonesia Copyright: Erwin Otten/Soccrates/Getty ImagesPemain FC Emmen Keziah Veendorp yang memiliki darah keturunan Indonesia.

"Saya melihat masa depan yang cerah di depan saya di FC Emmen dan berharap bahwa tahun-tahun mendatang akan sama besarnya," jelasnya dilansir laman resmi klub, September 2017.

Sebelumnya Keziah Veendorp menggegerkan jagat sepak bola Tanah Air. Lantaran dirinya siap menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) dan bela Timnas.

"Tetapi saya masih harus mengurusi paspor saya terlebih dahulu," ucap Keziah di Belanda kepada awak redaksi INDOSPORT, Minggu (07/07/19).

Kendati jalannya tak akan mulus, tetapi Keziah masih berharap besar untuk bisa segera memegang paspor Indonesia. Terlebih ia memiliki darah Maluku dari sang ayah.

Keziah Veendorp saat ini berkiprah di Eredivisie Belanda bersama FC Emmen. Ia dikontrak sejak 2017 lalu dan berakhir Juni 2020 dengan opsi perpanjangan.