Bola Internasional

3 Pemain Berlabel Saga Transfer Musim Panas 2019 yang Dibeli dengan Cicilan

Rabu, 31 Juli 2019 19:17 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Pakawich Damrongkiattisak/Getty Images
Matthijs de Ligt, bek tengah Juventus Copyright: © Pakawich Damrongkiattisak/Getty Images
Matthijs de Ligt, bek tengah Juventus

INDOSPORT.COM – Saga transfer sering digunakan media-media Inggris untuk menarasikan kepindahan pemain yang tak kunjung selesai.

Saking berlarut-larutnya, ada yang tidak jadi pindah. Namun demikian, drama saga transfer yang hiperbolis lebih banyak berakhir dengan tuntasnya transfer pemain dengan harga selangit.

Pada bursa transfer musim panas 2019/20, sejumlah pembelian pemain mendapatkan label saga transfer. Di balik nominal transfer yang tinggi, ternyata klub tersebut membayar dengan cara cicilan.

Cicilan artinya tidak dibayarkan secara langsung alias diangsur. Terdengar murahan dan terkesan tidak memiliki uang, tetapi cara seperti itu lumrah terjadi di dunia sepak bola.

Ada banyak model transfer pemain, salah satunya cicilan. Portal berita olahraga INDOSPORT mencoba hadirkan 3 pemain berlabel transfer saga pada musim panas 2019 yang dibeli dengan cara cicilan.

Matthijs de Ligt (Juventus)

Matthijs de Ligt akhirnya berlabuh ke Juventus setelah dikaitkan ke sejumlah klub top Eropa, mulai dari Manchester United sampai Paris Saint-Germain.

De Ligt resmi berseragam Juventus dari Ajax Amsterdam, Kamis (18/07/19), dengan nilai transfer 85,5 juta euro (setara Rp1,35 triliun).

Juventus ternyata membayar transfer De Ligt secara cicilan. Sebanyak 75 juta (Rp1,3 triliun) dicicil selama lima tahun, sementara tambahan 10,5 juta euro (Rp170 miliar) sisanya diyakini menjadi komisi bagi agen Mino Raiola.

Pembelian De Ligt memecahkan rekor pembelian bek termahal Juventus sepanjang sejarah yang dipegang Lilian Thuram yang dibeli dari Parma pada 2001 senilai 41,5 juta euro.