Liga Champions

Lolos Liga Champions, Pemain Red Star Belgrade Keliling Kota Naik Tank

Jumat, 30 Agustus 2019 15:26 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© EPA
Fans Red Star Belgrade membawa tank ke stadion jelang laga kualifikasi Liga Champions melawan Young Boys, Rabu (28/08/19) WIB. Copyright: © EPA
Fans Red Star Belgrade membawa tank ke stadion jelang laga kualifikasi Liga Champions melawan Young Boys, Rabu (28/08/19) WIB.

INDOSPORT.COM – Para pemain klub asal Serbia, Red Star Belgrade, merayakan tiket kualifikasi ke Liga Champions 2019/20 dengan berkeliling kota sambil menaiki mobil tank.

Red Star Belgrade lolos Kualifikasi Liga Champions 2019/20 usai menyingkirkan klub asal Swiss, Young Boys, di babak playoff dengan kemenangan gol tandang (agregat 3-3), Rabu (28/08/19).

Klub asal Serbia itu awalnya bermain imbang 2-2 di kandang Young Boys pada leg pertama babak playoff, Kamis (22/08/19), sedangkan di kandang sendiri mereka juga bermain imbang 1-1.

Dilansir dari Sun Sport, para pemain Red Star Belgrade bergabung dengan sejumlah pendukungnya untuk melakukan pawai di jalanan kota guna merayakan keberhasilan mereka bisa tampil di ajang Liga Champions 2019/20.

Mereka bahkan sengaja menaiki tank militer yang diketahui sengaja dibawa oleh para pendukung ke area Stadion Rajko Mitic, kandang Red Star.

Tidak hanya arak-arakan pemain menggunakan mobil tank, suasana kota semakin meriah dengan flare yang nyalakan oleh para pendukung usai kemenangan tim kesayangan mereka.

Masalahnya, aksi selebrasi para pemain itu justru meningkatkan tensi di antara masyarakat negara tetangga, Kroasia, yang diketahui terlibat konflik perang saudara di wilayah Yugoslavia.

Media-media di Kroasia menyebut perilaku tak lazim para ultras tersebut adalah bagian dari provokasi dan meminta agar UEFA bereaksi.  Tank yang dibawa itu disinyalir adalah tank yang digunakan selama perang perpecahan Yugoslavia pada dekade 90-an lalu.

Tank itu sendiri didekorasi dengan warna merah dan putih khas klub Red Star Belgrade. Tank tersebut merupakan buatan Soviet bernomor T-54 yang sudah dinonaktifkan.

Sebuah situs web penggemar Red Star mengatakan bahwa tank itu melambangkan slogan mereka, "Mesin Telah Dimulai."

Lolos ke Liga Champions 2019/20, Red Star Belgrade bergabung di dalam Grup B bersama Bayern Munchen, Tottenham Hotspur, dan Olympiakos menurut hasil drawing fase grup yang dilangsungkan hari Kamis, (29/08/19) malam WIB.