Bola Internasional

Liga Asia yang Pesertanya dari Negara Lain, Akankah Liga 1 Menyusul?

Senin, 16 September 2019 17:03 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© INDOSPORT
Liga Asia yang Pesertanya dari Negara Lain, Akankah Liga 1 Menyusul? Copyright: © INDOSPORT
Liga Asia yang Pesertanya dari Negara Lain, Akankah Liga 1 Menyusul?

INDOSPORT.COM - Berikut deretan liga di kawasan Asia yang pernah menerima tim dari negara lain sebagai pesertanya, akankah Shopee Liga 1 Indonesia akan ikut mencontoh?

Kasta teratas Liga Indonesia alias Liga 1 sendiri memang mampu menarik perhatian para pemain asing, terbukti banyak legiun asing anyar yang kepincut untuk mencicipi atmosfer kompetisi sepak bola di Tanah Air.

Tak cuma pemain, bahkan banyak klub-klub asing di luar Indonesia yang tertarik berkompetisi dan bergabung dengan Liga Indonesia di musim depan.

Salah satunya adalah Assalam FC, jawara Segunda Divisao atau kasta kedua Liga Timor Leste musim lalu ini secara teruka mengutarakan niatnya untuk pindah ke Liga Indonesia.

Kepada redaksi INDOSPORT, Sultan Rarana sebagai salah satu delegasi Assalam FC menyebut jika faktor agama (selain fanatisme suporter), jadi alasan kuat mengapa presiden klub ingin timnya bermain di Indonesia.

"Tentu saja (gabung ke Liga 1), Indonesia adalah negara muslim dan seperti yang Anda tahu kami adalah tim sepak bola muslim jadi menarik bagi kami," ucapnya

"Jika kami bermain di Liga Indonesia mungkin kami akan merekrut para pemain tim nasional, itu bukan masalah. Saya mendengar bahwa ada tim sepak bola Brunei juga ingin bergabung di Liga 1, jika itu terjadi bukan tidak mungkin kami juga bisa bergabung," tutupnya.

Andai benar Assalam FC gabung Liga 1, tentu menjadi terobosan baru bagi bagi liga Indonesia bahkan mungkin hal tersebut dapat menambah mahal daya jual liga Tanah Air di mata internasional.

Sejatinya menerima tim dari negara lain untuk tampil di liga sendiri bukanlah hal yang tabu, bahkan dikawasan Asia sudah banyak liga-liga ternama yang menerima klub asing sebagai pesertanya.

Berikut INDOSPORT.COM coba mengulas serta merangkum deretan Liga di kawasan Asia yang pesertanya berasal dari negara lain, liga mana sajakah itu?

1. Liga Malaysia
Duli Pengiran Muda Mahkota Football Club  atau yang lebih dikenal dengan nama DPMM FC adalah sebuah klub sepakbola yang berbasis di Bandar Seri Begawan, Brunei.

Klub ini bermain di Liga Primer Brunei pada awal 2000-an. DPMM FC kemudian memutuskan untuk bermain di Malaysia, dan bergabung dengan Liga Primer Malaysia sebagai tim asing untuk musim 2005-2006.

Mereka berhasil memenangkan promosi ke Liga Super Malaysia pada akhir musim pertama mereka di kompetisi Malaysia. Pada tahun 2009, DPMM FC meninggalkan Liga Malaysia dan bergabung dengan Liga Singapura.

2. Liga Singapura
Terdapat tiga tim asing yang pernah tampil di Singapore Premier League atau kasta teratas Liga Singapura, mereka adalah Albirex Niigata (Jepang), DPMM FC (Brunei Darussalam), serta Super Reds (Korea Selatan).

Namun saat ini hanya Albirex Niigata dan DPMM FC yang masih berkompetisi di Liga Singapura, sementara Super Reds pada musim 2009 gagal berkompetisi di S-League 2010.

Menariknya Albirex Niigata dan DPMM FC sebagai tamu malah menjadi jawara di Liga Singapura lima musim terakhir, di mana Albirex Niigata jadi yang paling sering saat juara tiga kali beruntun (2016 hingga 2018), sementara DPMM FC hanya dua kali yakni tahun 2015 dan 2019.

3. Liga Australia
Wellington Phoenix merupakan klub asal Selandia Baru yang berdiri pada 19 Maret 2007. Klub yang berbasis di Wellington, Selandia Baru, ini berkompetisi di A-League (liga kasta tertinggi Austaralia) sejak musim 2007/2008.

Klub berjuluk The Nix ini menggantikan klub Selandia Baru sebelumnya yakni, New Zealand Knights yang dicoret dari Liga Australia karena mengalami masalah finansial.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
100%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%