Liga Indonesia

Pelatih Terbaik Liga 1 Pekan Ini: Stefano Cugurra, Bikin Mantan Gagal Move On

Sabtu, 21 September 2019 13:54 WIB
Editor: Coro Mountana
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco.

INDOSPORT.COM – Stefano Cugurra lagi-lagi berhasil membawa Bali United meraih kemenangan dalam duel atas Persija Jakarta dalam lanjutan Liga 1 2019 sehingga dirinya layak diberi penghargaan pelatih terbaik pekan ke-19.

Di pertandingan itu, Bali United tampil begitu luar biasa sesuai arahan dari pelatih Stefano Cugurra sehingga membuat Persija Jakarta pun tak berkutik di kandangnya sendiri. Melvin Platje mencetak gol semata wayang yang memenangkan Bali United.

Kekalahan dari Bali United itu pun membuat Persija Jakarta harus terperosok ke peringkat 16 alias masuk zona degradasi. Tak hanya itu, ternyata kekalahan dari Bali United juga berbuntut panjang pada pemecatan Julio Banuelos dari kursi pelatih Persija Jakarta.

“Jadi per hari ini (Kamis, 19 September 2019), Persija sudah memutuskan tidak melanjutkan kerja dengan coach Julio dan Eduardo,” ucap CEO Persija Jakarta, Ferry Paulus dalam konferensi pers.

Dipecatnya Julio Banuelo menjadi sebuah rekor buruk bagi Persija Jakarta karena telah kehilangan pelatih sebanyak dua kali dalam Liga 1 2019 yang bahkan baru setengah jalan. Sebelumnya, Persija Jakarta memiliki pelatih bernama Ivan Kolev, tapi ia mengundurkan diri.

Uniknya lawan terakhir Julio Banuelos dan Ivan Kolev ternyata sama-sama Bali United dengan hasil kalah 0-1. Ivan Kolev mengundurkan diri usai Persija Jakarta kalah 0-1 dari Bali United pada 31 Mei lalu dalam lanjutan Liga 1.

Siapa sangka di putaran kedua, Bali United kembali mengalahkan Persija dengan skor identik yang berujung pada kepergian pelatihnya. Semakin menarik jika kita melihat fakta kalau pelatih Bali United saat ini adalah Stefano Cugurra yang merupakan eks nahkoda Persija.

Secara tak langsung itu menandakan Persija Jakarta masih belum bisa move on dari Stefano Cugurra. Pasalnya sejak ditinggal Stefano Cugurra, Persija telah memakai jasa Ivan Kolev dan Julio Banuelos, tapi selalu kandas di tangan sang mantan, nahkoda Bali United.

Tampak jelas kalau Persija Jakarta masih belum bisa menemukan sosok pengganti yang sempurna untuk menggantikan Stefano Cugurra. Pelatih sekaliber Ivan Kolev dan Julio Banuelos pun ternyata gagal memenuhi ekspekatasi itu setelah dikalahkan Stefano Cugurra.

Tapi terlepas dari sisi itu, memang Stefano Cugurra dapat dikatakan sangat berhasil bersama Bali United. Bermain dalam 18 laga, Bali United berhasil meraih 14 kemenangan, 2 seri dan 2 kalah saja, sehingga mereka pun tengah nyaman di puncak klasemen Liga 1.

Oleh karena itu, dengan kemampuan bikin mantan (Persija) gagal move on yang ditunjang kejeniusan taktiknya dalam mengantarkan Bali United konsisten di papan atas, Stefano Cugurra kami ganjar dengan penghargaan sebagai pelatih terbaik Liga 1 pekan ini.