Liga Indonesia

Soal Investasi, Stefano Cugurra Bocorkan Keunggulan Klub Thailand

Rabu, 9 Oktober 2019 17:00 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Yohanes Ishak
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco.

INDOSPORT.COM - Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco mengungkapkan keberanian klub-klub Thailand dalam berinvestasi. Salah satu yang belum dilakukan klub Indonesia adalah investasi fasilitas latihan.

Tujuh tahun Teco menjadi bagian dari sepak bola Thailand. Pelatih asal Brasil ini melatih klub kasta kedua dan kasta tertinggi. Di antaranya Chiangrai United, Phuket, Osotspa Samut Prakan hingga Royal Thai Navy.

Teco menilai, ada perbedaan mencolok soal investasi klub Indonesia dengan Thailand. Salah satu yang menunjang tugas pelatih yakni keberadaan fasilitas latihan.

Klub Thailand benar-benar serius dalam membangun fasilitas penunjang tim. Mayoritas klub Thailand memiliki fasilitas lapangan berkualitas. Dari segi rumput maupun kerataan, lapangan latihan sama bagusnya dengan stadion utama.

"Mereka juga punya fasilitas buat fisio dan gym yang lebih lengkap dari Indonesia. Investasi ini membuat kualitas latihan jadi lebih bagus," ucap Teco.

Teco menilai klub-klub Indonesia bisa menyamai level Liga Thailand. Syaratnya, harus ada keseriusan untuk berinvestasi soal lapangan latihan. 

Bali United akan menjadi pioner dalam investasi ini. Mereka sudah mempersiapkan pembangunan fasilitas latihan di Gianyar. Teco mengaku sudah memberikan masukan terkait hal ini.

"Ketika klub punya investasi buat fasilitas lebih bagus, pasti banyak lahir pemain berkualitas," tutup Stefano Cugurra Teco, pelatih Bali United.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%