Bola Internasional

Pola Makan Ketat Garuda Select Jadi Kunci Penggawa Timnas Indonesia U-19 Selalu Bugar

Minggu, 8 Desember 2019 19:28 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Lanjar Wiratri
© Shintya Anya Maharani/INDOSPORT
Seluruh penggawa Garuda Select juga dituntut disiplin dalam segala hal termasuk untuk urusan pola makan yang juga diawasi ketat dan menjadi kunci bugar pemain Timnas Indonesia U-29, Brylian Aldama. Copyright: © Shintya Anya Maharani/INDOSPORT
Seluruh penggawa Garuda Select juga dituntut disiplin dalam segala hal termasuk untuk urusan pola makan yang juga diawasi ketat dan menjadi kunci bugar pemain Timnas Indonesia U-29, Brylian Aldama.

INDOSPORT.COM - Tim Garuda Select terus digembleng selama mengikuti pelatihan di Inggris. Tak hanya kemampuan mengolah skill sepak bola, seluruh penggawa Garuda Select juga dituntut disiplin dalam segala hal termasuk untuk urusan pola makan yang juga diawasi ketat.

Ketepatan waktu dalam istirahat, kedisiplinan dalam menjaga pola tubuh juga sangat dijaga. Asupan gizi serta pola makan para penggawa Garuda Select sangat dijaga ketat.

Bukan tanpa alasan, kedisiplinan tingkat tinggi ini untuk menghindari penggawa Garuda Select dari masalah kebugaran. Bahkan menghindari mereka dari masalah cedera akibat salah konnsumsi makanan.

Meski dalam peraturan yang sangat ketat, hal ini disambut baik oleh seluruh penggawa Garuda Select. Salah satu pemain dalam skuat Garuda Select, Brylian Aldama, menilai hal tersebut memang untuk kebaikan dirinya dan rekan-rekan.

“Soal makanan, itu sangat mempengaruhi fisik karena berhubungan dengan pemulihan. Kami latihan setiap hari bisa tiga kali, otomatis butuh asupan yang membuat kami harus cepat-cepat kembali ke performa semula. Kalau salah makan nantinya bisa cedera,” ucap Brylian.

Pemain kelahiran Surabaya ini juga mengaku, bahwa kebiasaan ketat pola makan di Garuda Select juga ia terapkan ketika berada di Indonesia. Baginya menjaga pola makan adalah kunci dirinya menjaga kebugaran tubuh.

“Itu saya terapkan di tim nasional, terutama soal sayur. Kalau di rumah, sebenarnya hanya makan roti setiap pagi sama keju,” tutup Brylian.