Bola Internasional

Pemain Klub Liga Champions Eropa Berpeluang Perkuat Timnas Malaysia

Kamis, 19 Desember 2019 17:25 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Indra Citra Sena
© semuanyabola.com
Logo Liga Super Malaysia Copyright: © semuanyabola.com
Logo Liga Super Malaysia

INDOSPORT.COM - Johan Dion Cools sedang menjadi sorotan publik sepak bola Malaysia. Penggawa Club Brugge ini dikabarkan tengah memantau peluang untuk bisa memperkuat Timnas Malaysia mulai tahun depan.

Dilansir Vocketfc, upaya terbesar yang ia lakukan adalah hengkang ke klub raksasa Liga Super Malaysia 2020, Johor Darul Ta’zim. Situs VoetbalBelgie menyatakan bahwa ia akan keluar dari Club Brugge pada pembukaan jendela transfer musim dingin mendatang.

Dion Cools sangat ingin tampil di ajang internasional. Pada beberapa waktu yang lalu, ia mengunggah foto di media sosialnya dengan mengenakan seragam timnas Malaysia. Ia ingin mengetahui seberapa besar publik Malaysia menginginkannya.

Sebelumnya, bek kanana berusia 23 tahun ini pernah memperkuat Timnas Belgia U-20. Namun, ia tidak kunjung dipanggil oleh timnas Belgia senior. Hal tersebut membuatnya melirik timnas Malaysia.

Proses naturalisasi Dion Cools, yang telah berpaspor Belgia, akan mudah karena ia dilahirkan di Malaysia. FAM (federasi sepak bola Malaysia) juga senang memilih pemain keturunan sepertinya untuk diberikan kesempatan membela Harimau Malaya.

Kepindahannya ke Johor Darul Ta’zim tentu membuatnya semakin mudah untuk mengurus segala administrasi yang diperlukan. Jika segera terwujud, kekuatan Malaysia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 akan jauh bertambah.

Pengalaman Dion Cools di Belgia berpeluang menjadi modal besar bagi timnas Malaysia. Ia telah berhasil membawa Club Brugge menjuarai kasta tertinggi Liga Belgia musim 2015-2016 dan 2017-2018. Ia juga tercatat meraih Piala Super Belgia 2019.

Musim ini, Johan Dion Cools mengemas satu penampilan di laga kedua fase grup Liga Champions. Ia dimainkan kala menghadapi Real Madrid di Santiago Bernabeu dan berhasil menahan tuan rumah dengan skor 2-2.