Liga Inggris

4 Hal yang Perlu Diketahui dari Laga Derbi Merseyside di Piala FA 2019-2020

Senin, 6 Januari 2020 11:51 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Nugrahenny Putri Untari
 Copyright:

INDOSPORT.COMLiverpool dengan skuat mudanya berhasil menundukkan perlawanan Everton di Derbi Merseyside yang berlangsung pada laga lanjutan Piala FA putaran ketiga, Minggu (05/01/20).

Gol cantik semata wayang milik Curtis Jones berhasil membawa Liverpool keluar sebagai pemenang dan berhak melaju ke putaran keempat Piala FA. Gol tersebut sekaligus membuat dominasi The Reds atas Everton semakin sulit untuk dibantah.

Jurgen Klopp yang memilih mengistirahatkan Mohamed Salah, Virgil van Dijk, dan Roberto Firmino tampil percaya diri dengan skuatnya yang didominasi tim muda Liverpool. Tercatat Klopp melakukan 9 pergantian dan memasukkan lima nama sebagai starter.

Sementara itu, Carlo Ancelotti menurunkan skuat terbaiknya saat Everton melakukan lawatan ke Anfield. Tetapi, tampaknya skuat penuh pengalaman milik The Toffees belum cukup bagus untuk bisa menundukkan darah-darah muda asuhan Klopp.

Dilansir dari berita Liga Inggris laman Mirror, berikut empat hal yang terjadi dalam Derbi Merseyside edisi kedua musim 2019-2020 ini.

Adrian Membuktikan Kelasnya

Ketika Liverpool memutuskan melepas Simon Mignolet pada bursa transfer musim panas kemarin, banyak pihak yang bertanya-tanya siapa yang akan menggantikannya.

Jawaban tersebut ada di sosok Adrian. Eks kiper West Ham ini diboyong secara gratis untuk menjadi pelapis Alisson Becker. Dirinya langsung beraksi saat berhasil membawa Liverpool juara Piala Super Eropa beberapa waktu lalu.

Pada laga melawan Everton kemarin, performa kiper berusia 33 tahun ini cukup apik. Berhasil menghalau tiga tembakan ke gawang yang diluncurkan pemain-pemain Everton membuatnya menjadi salah satu pemain penting di skuat Liverpool.

Penampilan Menawan Mason Holgate

Holgate telah berada di Goodison Park sejak tahun 2015 lalu. Tetapi dirinya belum pernah menjadi pilihan utama di lini belakang The Toffees.

Kedatangan Carlo Ancelotti ke Everton membuatnya menjadi salah satu pilihan utama di lini belakang. Duetnya bersama Yerry Mina di jantung pertahanan memberikan rasa aman untuk Jordan Pickford di bawah mistar gawang.

Kualitas Harvey Elliott Semakin Terlihat

Digadang-gadang sebagai salah satu bintang masa depan Liverpool, gelandang berusia 16 tahun yang diboyong dari Fulham pada bursa transfer musim panas ini kembali menunjukkan kualitasnya di lapangan.

Elliott berhasil mengacak-acak sisi kiri pertahanan Everton yang dijaga Lucas Digne. Kelincahannya menjadi ancaman serius di bagi pertahanan Everton.

Jika dirinya bisa terus konsisten mempertahankan performanya, bukan tak mungkin dalam dua atau tiga tahun ke depan Elliott bisa menjadi bocah ajaib dari Anfield.

Curtis Jones Buktikan Kualitasnya

Seperti Elliott, Jones adalah salah satu pemain yang digadang-gadang sebagai salah satu calon bintang masa depan Anfield.

Pemain berusia 18 tahun ini telah membuktikan dirinya di UEFA Youth League dan di Liga Inggris level muda. Tercatat, Jones berhasil mencetak 13 gol dari 16 pertandingan di dua kompetisi tersebut.

Pembuktian dirinya tersebut berlanjut saat dia berhasil mengantarkan Liverpool ke putaran keempat Piala FA lewat gol cantik yang dicetaknya dari luar kotak penalti.