Liga Indonesia

Tak Lihat Hasil di Turnamen Asia Challenge 2020, Persib Bidik Bermain di AFC

Senin, 20 Januari 2020 18:32 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Persib Bandung
Gelandang Persib Bandung, Abdul Aziz, beraksi dalam ajang pramusim Asia Challenge Cup 2020 di Stadion Shah Alam, Malaysia, Minggu (19/01/20). Copyright: © Persib Bandung
Gelandang Persib Bandung, Abdul Aziz, beraksi dalam ajang pramusim Asia Challenge Cup 2020 di Stadion Shah Alam, Malaysia, Minggu (19/01/20).

INDOSPORT.COM - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts tidak melihat hasil yang didapat pada Turnamen Asia Challenge 2020 di Stadion Shah Alam, Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu (18/01/20) dan Minggu (19/01/20). 

Menurutnya, tujuan utamanya mengikuti turnamen tersebut adalah memberikan pengalaman dan jam terbang, bagi pemain yang jarang mendapat kesempatan bermain di kompetisi Liga 1 2019. 

Sebagai informasi, pada turnamen tersebut Persib membawa pemain yang mayoritas jarang mendapat kesempatan bermain di Liga 1 2019, ditambah dua pemain asing yang mengikuti trial, Wander Luiz dan Joel Vinicius.

Selain itu, pada Turnamen Asia Challenge 2020 Persib hanya meraih satu kemenangan atas Hanoi FC 2-0 dan kalah 3-0 dari tuan rumah Selangor FA. 

"Kami tidak pergi ke sana untuk mencari hasil, kami pergi ke sana untuk memberi pengalaman bagi pemain," kata Robert Alberts di Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung, Senin (20/01/20).

"Beberapa pemain juga tidak bermain dan kami juga memantau kemungkinan merekrut beberapa pemain asing baru, bagaimana mereka bisa tampil," jelasnya menambahkan. 

Pelatih asal Belanda ini menambahkan, dengan mengikuti turnamen tersebut diharapkan pemainnya memiliki pengalaman bermain menghadapi tim luar yang biasa berlaga di level Asia. 

Pasalnya, tim kebanggaan Bobotoh memiliki target untuk bisa berlaga di level Asia di tahun 2021. Setelah di 2020, Persib belum bisa mencapai target tersebut. 

"Di waktu yang sama, kami juga mulai serius menatap kesempatan bermain di AFC, karena lawan-lawan kami kemarin sudah rutin bermain di kompetisi Asia," ucapnya. 

"Hanoi sudah bermain di Liga Champions, begitu juga Bangkok, Selangor juga sudah membidik tempat di AFC Cup. Jadi pemain bisa menimba pengalaman, bagaimana mereka bermain di turnamen selevel AFC dan itu hal yang positif," ujarnya. 

Sementara itu, setelah mengikut Turnamen Asia Challenge 2020, skuat Maung Bandung akan mulai fokus mempersiapkan diri untuk mengarungi kompetisi Liga 1 2020. Rencananya, Persib akan kembali berlatih pada Rabu (22/01/20).