Liga Champions

3 Kelemahan Atletico Madrid yang Bisa Bikin Mereka Keok di Anfield

Rabu, 11 Maret 2020 20:04 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Isman Fadil
© Jan Kruger/Getty Images
Jurgen Klopp harus bisa mengeksploitasi kelemahan Atletico Madrid agar mereka bisa memastikan kemenangan di Anfield dini hari nanti. Copyright: © Jan Kruger/Getty Images
Jurgen Klopp harus bisa mengeksploitasi kelemahan Atletico Madrid agar mereka bisa memastikan kemenangan di Anfield dini hari nanti.

INDOSPORT.COM – Jelang laga 16 besar leg kedua Liga Champions, Liverpool bertekad akan melakukan comeback demi menjaga asa mereka untuk bisa kembali meraih gelar Liga Champions musim ini.

Kalah 0-1 di Wanda Metropolitano kandang Atletico Madrid pada leg pertama kemarin, The Reds harus bekerja sangat keras di laga yang akan dilangsungkan pada dini hari nanti. Mereka harus bermain ngotot dan memastikan kemenangan di Anfield.

Diprediksi, Los Rojiblancos akan bermain lebih rapat, solid, dan fokus pada pertahanan. Pasalnya hasil imbang saja sudah cukup untuk membuat skuat asuhan Diego Simeone melaju ke perempatfinal Liga Champions musim ini.

Dilansir dari Sportsmail, berikut adalah 3 kelemahan Atletico yang harus dieksploitasi oleh Jurgen Klopp agar Liverpool bisa memastikan kemenangan mereka di Anfield dini hari nanti.

Lini Pertahanan yang Sudah Tidak Sesolid Dulu

Beberapa musim lalu, Atletico berhasil muncul merusak dominasi di LaLiga Spanyol dan Eropa. Melawan mereka layaknya berada di dalam neraka, pasalnya barisan belakang mereka yang dikomandoi oleh Diego Godin terkenal sebagai lini belakang yang sangat sulit ditembus.

Keras dan tanpa kompromi, Godin, Juanfran, dan Felipe memastikan tidak ada pemain lawan yang sanggup mengancan gawang mereka bagaimanapun caranya.

Namun sekarang, barisan belakang mereka tidak semenakutkan dulu. Mungkin hanya Jan Oblak yang masih bisa memberikan rasa frustasi karena keperkasaannya di bawah mistar Atletico.

Skema Lini Tengah di Leg Pertama Sulit Terulang di Leg Kedua

Di leg pertama, Atletico tampil superior di lini tengah. Marcos Llorente, Saul, Koke, dan Thomas Partey bahu membahu menjami para pemain Liverpool kesulitan menembus lini tengah mereka.

Salah satu kunci pertahanan Atletico berada pada lini tengah mereka. Simeone seringkali menginstruksikan Saul dkk untuk bermain serapat mungkin dan membuat lawan kesulitan mengalirkan bola dan mencari ruang. Dan tampaknya Jurgen Klopp telah memiliki solusi atas skema permainan andalan Atletico tersebut.

Atletico Bermain Tandang

Atmosfer Anfield tidak bisa dianggap remeh oleh klub manapun. Di musim lalu, Barcelona berhasil membuktikan jika Anfield bukan stadion sembarangan. Dan Anfield adalah Anfield, tempat serupa neraka bagi para pemain lawan yang melakukan lawatan ke Liverpool.