Liga Inggris

Sebelum Wabah Corona, Ini Dia Tiga Pembatalan yang Pernah Menimpa Derby Merseyside

Sabtu, 14 Maret 2020 17:52 WIB
Penulis: Yosef Bayu Anangga | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Mike Egerton/PA Images via Getty Images
Penghentian sementara Liga Primer membuat sejumlah pertandingan menghadapi tanda tanya, termasuk derby merseyside Copyright: © Mike Egerton/PA Images via Getty Images
Penghentian sementara Liga Primer membuat sejumlah pertandingan menghadapi tanda tanya, termasuk derby merseyside

INDOSPORT.COM – Penghentian sementara Liga Primer Inggris hingga tanggal 3 April 2020 membuat sejumlah pertandingan yang dijadwalkan berlangsung dalam kurun tiga pekan ke depan menghadapi tanda tanya. Salah satu pertandingan tersebut adalah duel akbar Everton vs Liverpool.

Derby Merseyside tersebut sedianya akan digelar pada Senin (16/03/20) di kandang Everton, Stadion Goodison Park. Namun, duel tersebut sudah dipastikan batal digelar akibat penghentian sementara yang menimpa Liga Inggris akibat pandemi virus corona.

Dilansir Liverpool Echo, pembatalan derby Merseyside edisi ke-236 ini adalah pembatalan keempat dalam sejarah yang pernah terjadi pada laga tersebut. Meski demikian ini adalah untuk kali pertama pembatalan dilakukan karena adanya wabah penyakit. Tiga pembatalan sebelumnya seluruhnya diakibatkan oleh faktor cuaca.

Pembatalan pertama terjadi pada musim 1962/1963 ketika Inggris mengalami hujan salju yang parah pada saat boxing day. Suhu udara tercatat mencapai -22 derajat Celsius dan badai salju terus bertiup.

Kondisi buruk tersebut bertahan hingga Maret sehingga Liverpool vs Everton yang seharusnya digelar pada 9 Februari baru dapat digelar pada tanggal 8 April. Dalam laga yang molor dua bulan tersebut, The Toffees mampu menahan imbang tuan rumah dengan skor 0-0.

Penundaan kedua terjadi dua musim kemudian. Laga yang seharusnya digelar pada tanggal 23 Januari 1965 di Goodison Park dibatalkan karena banyaknya lelehan salju di lapangan yang membuat kondisi lapangan semakin buruk setelah sebelumnya diterpa hujan berminggu-minggu. Manajer Bill Shankly bahkan menyebut lapangan itu sebagai wadah lem.

Dalam laga tunda yang kemudian digelar pada 12 April, Everton sukses menundukkan Liverpool untuk kedua kalinya musim itu dengan skor 2-1. Sebelumnya, pada pertemuan pertama yang digelar di Anfield pada September 1964, The Toffees mempermalukan tuan rumah dengan skor 4-0.

Penundaan ketiga terjadi 31 tahun kemudian pada tahun 1996. Laga yang seharusnya digelar tanggal 20 Oktober dibatalkan hanya satu jam sebelum pertandingan akibat hujan yang turun berjam-jam tanpa henti.

Dalam laga tunda yang digelar sehari kemudian, Robbie Fowler sempat membawa Liverpool unggul pada babak pertama. Namun, gol Gary Speed di menit ke-82 memaksa pertandingan berakhir imbang.

Laga ini juga menjadi laga istimewa bagi mantan kapten Inggris, Wayne Rooney. Dalam laga tersebut Rooney yang baru berusia 11 tahun tampil sebagai maskot Everton dengan menggandeng kapten Dave Watson pada saat memasuki lapangan.