Liga Inggris

Pengakuan FA Usai Hentikan Tiga Kompetisinya Akibat Virus Corona

Sabtu, 28 Maret 2020 12:40 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Yohanes Ishak
© mirror.co.uk
Trofi Liga Inggris Copyright: © mirror.co.uk
Trofi Liga Inggris

INDOSPORT.COM – FA Inggris mengaku sangat sulit saat harus memutuskan untuk menghentikan tiga kompetisi di negara mereka akibat wabah virus corona COVID-19 yang kian parah.

FA mengambil keputusan vital. Pada Kamis (26/03/20) malam waktu setempat, otoritas sepak bola Inggris itu resmi menangguhkan tiga kompetisi utama, Liga Inggris, Piala Liga Inggris dan Piala FA hingga 28 April mendatang.

“Kami harus mengambil keputusan sulit,” kata FA dalam pernyataan mereka, dilansir dari Sport BBC.

Keputusan ini memang terpaksa diambil oleh FA guna mencegah klub-klub Liga Inggris mengalami kerugian parah secara finansial yang diakibatkan oleh virus corona.

Selain itu, FA juga menegaskan kesehatan dari warga, terutama yang terlibat di kompetisi tersebut, menjadi alasan utama dihapuskannya liga 2019/20.

Meski sudah menghentikan beberapa turnamen kasta bawah, FA sendiri sampai saat ini belum mengambil keputusan terkait kelanjutan turnamen kasta tertinggi Liga Inggris.

Sementara FA sendiri sudah memutuskan untuk mengakhiri liga divisi tujuh (Step 3), delapan (Step 4), dan seterusnya (hingga divisi 23) tanpa menentukan siapa juara, promosi, dan degradasi.

Keputusan apakah akan dihentikan atau dilanjutkan kasta tertinggi Liga Inggris sendiri masih akan bergantung dari hasil pertemuan FA dengan para wakil klub Liga Inggris pada 3 April mendatang.

Apabila dilanjutkan, kemungkinan turnamen liga akan berlanjut melewati tenggat waktu penutup musim yang dijadwalkan  pada 17 mei 2020. Sejauh ini, Liga Inggris masih menyisakan sembilan pekan pertandingan yang belum dimainkan.