Liga Indonesia

FIFA Berencana Bantu PSSI Puluhan Triliun, Anggota DPR RI Beri Saran Bijak

Sabtu, 11 April 2020 15:07 WIB
Penulis: Alvin Syaptia Pratama | Editor: Yohanes Ishak
© Gafis:Yanto/Indosport.com
FIFA dan PSSI Copyright: © Gafis:Yanto/Indosport.com
FIFA dan PSSI

INDOSPORT.COM – Induk federasi sepak bola dunia, FIFA berencana memberi bantuan ke Federasi Sepak Bola Indonesia, PSSI berupa dana Rp 44Triliun untuk membantu penanganan virus corona atau Covid-19 yang terkait sepak bola.

Mendengar wacana itu, salah satu anggota Komisi X DPR RI, Yoyok Sukawi mengatakan bahwa komisinya mengusulkan ke PSSI dana tersebut untuk membantu klub dalam menjaga kesehjateraan pemain selama libur.

Pembahasan mengenai dana bantuan FIFA ke PSSI telah dibahas saat Komisi X DPR RI menggelar rapat dengar pendapat dengan Menpora dan perwakilan cabang olahraga termasuk PSSI pada Rabu (08/04/20) melalui aplikasi Zoom.

Perlu diketahui, akibat kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020 dihentikan, para pemain di setiap klub hanya berhak mendapat gaji sebesar 25 persen dari Bulan Maret – Juni 2020. Hal ini tertulis secara resmi di surat yang dikirim PSSI kepada klub peserta Liga 1 maupun Liga 2 beberapa waktu lalu.

Namun apabila kompetisi dihentikan total, klub-klub peserta kompetisi kemungkinan akan kembali memangkas gaji pemain karena tidak adanya pemasukan.

Oleh karena itu, Komisi X DPR RI mengusulkan PSSI bahwa dana bantuan dari FIFA bisa untuk memberi subsidi bagi pemain saat kompetisi dihentikan.

“Kemarin kan kami menanyakan ke PSSI bahwa FIFA kabarnya akan membantu puluhan triliun untuk penanganan Covid-19, anggota Komisi X DPR RI meminta ketua umum PSSI memastikan hal itu,” tutur Yoyok Sukawi kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT.

“Siapa tahu dana itu bisa mengurangi beban pemain yang harusnya digaji 10 persen sama klub saat kompetisi diliburkan total, kalau ada dana itu siapa tahu gaji pemain bisa 15 persen, nanti 5 persennya dari dana bantuan FIFA itu,” pungkas Yoyok.

1