Liga Indonesia

Pelatih Brasil Nilai Pemain Indonesia Harus Berani ke Luar Negeri

Minggu, 12 April 2020 17:42 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Timnas Senior Indonesia dikalahkan Persita Tangerang 1-4 pada laga uji coba di Stadion Madya Senayan, Jumat (21/02/20). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Timnas Senior Indonesia dikalahkan Persita Tangerang 1-4 pada laga uji coba di Stadion Madya Senayan, Jumat (21/02/20).

INDOSPORT.COM - Pemain Indonesia harus berani mencoba tantangan baru dengan bermain di luar negeri. Langkah itu dinilai akan berefek positif pada kekuatan Timnas Indonesia.

Hal ini diungkapkan pelatih Bali United asal Brasil, Stefano Cugurra Teco. Ada hal berbeda yang akan didapat pemain Indonesia ketika bermain di luar negeri.

Saat ini, jumlah pemain Indonesia di luar negeri sangat sedikit. Hanya Rudolf Yanto Basna yang benar-benar mencoba tantangan baru di luar negeri. Basna sudah membela tiga klub Thailand, sejak melancong pada 2018 lalu.

Selain Basna, ada pula Egy Maulana Vikri yang main di Lechia Gdansk sejak 2018 lalu. Egy lebih dominan main di tim kedua Lechia Gdansk. Terbaru ada Witan Sulaeman yangjadi bagian tim FK Radnik Surdulica pada awal tahun ini.

"Saya pikir seharusnya ada pemain yang lebih berani main di negera lain. Dengan pengalaman main di luar negeri, pasti akan lebih bagus waktu main di Timnas," ucap Teco, Sabtu (11/4/20).

Hal berbeda terjadi di Brasil. Hampir semua kompetisi di dunia diisi pemain asal Brasil. Bahkan di Liga 1 2020, pemain Brasil menjadi yang terbanyak. Ada 26 pemain asal Brasil, disusul 12 pemain asal Belanda.

Hasilnya pun bisa dilihat. Ada banyak pemain Brasil yang mendapatkan kesejahteraan lebih baik. Selain itu, Timnas Brasil didominasi pemain yang bermain di luar negeri. Dari 23 pemain, hanya tujuh pilar saja yang bermain di kompetisi domestik.