Liga Indonesia

Deretan Aksi Suporter yang Pernah Kritik Mantan Sekjen PSSI Ratu Tisha

Selasa, 14 April 2020 14:08 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Berikut ini merupakan deretan suporter sepak bola Indonesia yang pernah kritik mantan Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Berikut ini merupakan deretan suporter sepak bola Indonesia yang pernah kritik mantan Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria.

INDOSPORT.COM - Berikut ini merupakan deretan suporter sepak bola Indonesia yang pernah kritik mantan Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria.

Ratu Tisha resmi menyampaikan pernyataan mundur dari jabatan yang diemban sejak 17 Juni 2017 lewat akun media sosial Instagram pribadinya (terverifikasi).

"Dear friends, hari ini (kemarin), Senin, 13 April 2020, melalui surat, saya telah resmi mengundurkan diri dari posisi Sekretaris Jenderal PSSI," tulis Tisha.

Tisha menyampaikan kalau sangat bersyukur karena pernah meraih kesempatan bekerja sama dengan insan sepak bola Indonesia sejauh ini.

"Bersama-sama kita telah memeriahkan kursus kepelatihan dan perwasitan hingga membangun kerja sama dengan ferderasi kelas dunia," jelas Tisha.

Perempuan kelahiran Jakarta ini membeberkan turut andil dalam mengibarkan kembali sepak bola perempuan Indonesia hingga terbentuknya Liga 1 Putri.

Tisha mengungkapkan kalau puncak kinerjanya ialah terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 mendatang.

Apa yang dikerjakan Tisha bersama PSSI tak lepas dari pihak-pihak terkait yang memiliki tujuan sama dalam memajukan dunia sepak bola Tanah Air.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Ratu Tisha (@ratu.tisha) on

"Pada suatu kesempatan dengan para sahabat, saya pernah berkata; "Hati saya, kalau dibelah, isinya hanya sepak bola"," pungkas Tisha.

Meski begitu Tisha memiliki cerita manis dan pahit ketika mengemban jabatan cukup berat ini, yakni kala sebagai Sekjen PSSI.

Sebab dalam tiga tahun terakhir, Tisha sudah mencurahkan banyak sekali tenaga dan pikiran untuk kemajuan sepak bola Indonesia.

Meski begitu, Tisha juga kerap mendapat kritikan dari beragam pihak, termasuk dari Komisi X DPR RI hingga kalangan suporter.

Maka dari itu berikut ini ialah deretan suporter yang turut menyampaikan kritikan pada Ratu Tisha ketika menjabat sebagai Sekjen PSSI.

1. Piala Indonesia

© Adriyan Adirizky Rahmat/INDOSPORT
Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, tiba di VIP Utama Stadion Andi Mattalatta, Makassar. Kehadirannya membuat seisi stadion riuh dimana suporter berteriak mafia. Copyright: Adriyan Adirizky Rahmat/INDOSPORTSekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, tiba di VIP Utama Stadion Andi Mattalatta, Makassar. Kehadirannya membuat seisi stadion riuh dimana suporter berteriak mafia.

Tepatnya final leg kedua Piala Indonesia 2018-19 yang mempertemukan PSM Makassar vs Persija di Stadion Mattoangin atau Andi Mattalatta.

Pada 6 Agustus 2019 lalu, Ratu Tisha turut hadir di laga final tersebut. Dirinya duduk di tribune VIP penonton bersama pihak-pihak terkait.

Akan tetapi ketika hendak menyambangi kursi tempatnya duduk, Ratu Tisha mendapat banjir kritikan pedas dari suporter tuan rumah.

"Mafia, mafia, mafia," bunyi kritikan yang dilayangkan suporter ke Ratu Tisha kala itu menggema seisi stadion.

Meski mendengar nada kritikan tersebut, Ratu Tisha tak ingin ambil pusing. Dirinya menganggap kalau suporter sayang padanya.

Meski begitu Tisha tak lupa untuk menyampaikan ucapan selamat atas apa yang diraih PSM kala menundukan Persija dengan skor 2-1.

"Selamat buat PSM yang tampil sebagai juara. Laga berjalan lancar dan sangat baik dari sisi penyelenggaraan," kata Tisha kepada awak media.

2. Piala Presiden

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ratu Tisha Destria seketaris Jenderal (Sekjen) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia di drawing Piala Presiden 2019. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTRatu Tisha Destria seketaris Jenderal (Sekjen) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia di drawing Piala Presiden 2019.

Berikutnya kritikan juga sempat diarahkan pada Tisha pada pagelaran Piala Presiden 2019 yang mempertemukan Persib vs Tira Persikabo.

Suporter tuan rumah turut meneriaki Tisha, kala itu menjabat sebagai Sekjen PSSI, yang hadir di tengah-tengah Stadion Si Jalak Harupat.

Menanggapi hal tersebut, Tisha tak ingin ambil pusing atas apa yang diekspresikan suporter pada lembaga tempat dirinya mengabdi.

"Tak masalah, ya. Semua orang memiliki cara tersendiri dalam mengungkapkan rasa sayangnya," kata Tisha kepada pewarta, Mei 2019.

Menurut Tisha, rasa sayang yang diluapkan suporter kala itu sebagai bukti kalau mereka sangat peduli pada sepak bola Indonesia.

Kini Tisha diperkirakan akan melanjutkan pekerjaan sebagai Wakil Presiden AFF (2019-23) dan anggota Komite Kompetisi AFC.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%