Liga Inggris

On This Day: Gigitan Suarez Bikin Catatan Kelam di Liverpool

Selasa, 21 April 2020 16:14 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Getty Images
Tepat 21 April, Luis Suarez sempat lakukan aksi bersejarah menggigit bek Chelsea di Liga Inggris sekaligus catatkan masa kelam bersama Liverpool. Copyright: © Getty Images
Tepat 21 April, Luis Suarez sempat lakukan aksi bersejarah menggigit bek Chelsea di Liga Inggris sekaligus catatkan masa kelam bersama Liverpool.

INDOSPORT.COM -  Hari ini, tepatnya 21 April, sempat terjadi kejadian bersejarah di mana Luis Suarez melakukan aksi gigitan kala lakoni Liga Inggris sekaligus catatkan masa kelam di Liverpool.

Jika bicara soal Suarez maka yang terlintas ialah aksi gilanya yang kerap lakukan gigitan ke pemain-pemain lawan. Aksi si Drakula gadungan ini sendiri sempat terjadi beberapa kali yang menodai catatan gemilang karier sepak bolanya.

Sebelumnya saat bermain di Ajax Amsterdam, Suarez sempat dihukum larangan main tujuh pertandingan setelah kedapatan menggigit pemain PSV, Otman Bakkal pada 2010 silam. Beralih ke Liverpool pada tahun 2013, insiden sama kembali terjadi.

Dilansir Surrey Comet, Liverpool menjalani pertandingan kandang melawan Chelsea di Anfield. Ketika kedudukan diambil alih tim tamu 1-2, Suarez yang frustasi dan depresi langsung menggigit bahu bek The Blues, Branislav Ivanovic saat berada di kotak penalti.

Saat itu Kevin Friend selaku wasit pertandingan tak percaya meski Ivanovic mengerang kesakitan dan menunjukkan bekas gigitan Suarez. Pada akhirnya, sang striker asal Uruguay tersebut langsung sukses samakan kedudukan bagi Liverpool hingga bermain imbang 2-2.

Meski lolos dari sanksi wasit dan tak adanya Video Assistant Referee (VAR) saat itu, Suarez tak bisa lari dari bukti kuat media yang mengabadikan tindakan ganasnya ke bek Chelsea. Alhasil karena ketahuan dirinya lantas nyatakan kalap dan menyesal telah lakukan aksi gigitan.

Sayang penyesalannya dibayar dengan hukuman berupa larangan main 10 pertandingan setelah Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) mendapat desakan banyak pihak termasuk perdana menteri, David Cameron. Tindakan ini sekaligus melengkapi catatan hitam Suarez di Liverpool.

Pasalnya sebelum insiden gigitan, Suarez sempat lakukan aksi rasis ke legenda Manchester United Patrice Evra gara-gara menolak jabat tangan. Tak berselang lama pada 2014, Suarez pun akhiri karier di Liverpool dan pindah ke Barcelona.