Bola Internasional

Filosopi Nomor Punggung dan Matematika Timnas Rumania

Kamis, 23 April 2020 13:12 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Timnas Rumania pernah menggunakan nomor punggung unik. Nomor punggung tersebut mengandung soal matematika. 

Matematika, bisa jadi adalah pelajaran yang paling tidak disukai di dunia. Di Indonesia, matematika menjadi salah satu momok menakutkan bagi para siswa di sekolah. 

Ternyata tak hanya di Indonesia, di Rumania matematika juga merupakan pelajaran yang sulit. Apalagi, pendidikan di Rumania sempat berada dalam kondisi memprihatinkan. 

Rumania yang menjadi salah satu negara dengan penghasilan terendah di Uni Eropa, juga menjadi negara dengan angka putus sekolah tertinggi di antara negara-negarar Uni Eropa. 

Pada tahun 2014 lalu, tingkat putus sekolah di Rumania mencapai 18 persen. Badan PBB yang mengurusi pendidikan dan anak-anak juga menyebut bahwa pada tahun 2009, seperempat anak sekolah di Rumania tidak mampu menjawab soal-soal matematika. 

Problematika pendidikan yang dialami oleh Rumania, akhirnya mendapat perhatian dari Timnas Sepak Bola Rumania pada tahun 2016 lalu. 

Nomor Punggung dan Soal Matematika 

Timnas Rumania yang pada tahun 2016 lalu berlaga di ajang Euro, tentunya menjadi sorotan karena sudah cukup lama absen dari ajang 4 tahunan itu. 

Terakhir kali Rumania berlaga di ajang Euro adalah pada tahun 2008 lalu dan absen pada Euro 2012. 

Sebelum perhelatan Euro 2016, Timnas Rumania menjalani laga persahabatan melawan Spanyol. Status Spanyol sebagai juara bertahan Euro, tentu menarik minat masyarakat Rumania untuk menyaksikan laga tersebut. 

Saat itu, timbul sebuah gagasan agar sepak bola menjadi media pengajaran untuk masyarakat Rumania, khususnya untuk pelajaran matematika. 

Hingga akhirnya, Timnas Rumania mengenakan nomor punggung dengan persamaan atau soal matematika. Mulai dari soal matematika yang ringan seperti 7-3 dan 11x2, hingga persamaan yang tingkat kesulitannya lebih tinggi seperti 5 pangkat 2 - 5, hingga 6x5-4/2. 

Angka untuk Timnas Rumania 

Sayangnya, matematika dan angka sejauh ini belum berdampak dalam prestasi Timnas Rumania. Jika negara seperti Brasil sudah punya 5 Piala Dunia dan 5 Copa America, maka Rumania masih nihil atau 0 dalam gelar besar. 

Timnas Rumania juga cukup sering absen dari perhelatan Euro dan Piala Dunia. 

Angka lain yang kurang bersahabat bagi Timnas Rumania adalah soal ranking FIFA. Saat ini, Timnas Rumania menempati posisi ke-37 dalam ranking FIFA.