Bola Internasional

Langkahi Messi, Ini Pemain Peraih Ballon d'Or Termuda Sepanjang Sejarah

Sabtu, 25 April 2020 00:32 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Yohanes Ishak
© fcbarcelona.com
Langkahi Messi, Ini Pemain Peraih Ballon d'Or Termuda Sepanjang Sejarah Copyright: © fcbarcelona.com
Langkahi Messi, Ini Pemain Peraih Ballon d'Or Termuda Sepanjang Sejarah

INDOSPORT.COM - Langkahi Lionel Messi, ini sosok pemain termuda sepanjang sejarah yang meraih gelar pemain terbaik Ballon d'Or. Siapakah pemain tersebut?

Lionel Messi sendiri saat ini memegang status sebagai pesepakbola dengan perolehan gelar Ballon d'Or terbanyak, di mana penyerang asal Argentina tersebut telah mengumpulkan enam gelar dalam sepuluh tahun terakhir.

Jumlah trofi tersebut mampu mengungguli rival abadinya, Cristiano Ronaldo yang sejauh ini cuma bisa mendapatkan lima gelar. 

Penghargaan Ballon d'Or terakhir yang dimenangkan Ronaldo terjadi pada 2017 lalu, saat dirinya berhasil membawa Real Madrid menjuarai Liga Champions, UEFA Super Cup serta FIFA Club World Cup.

Namun meski menjadi pemain dengan gelar Ballon d'Or terbanyak, Lionel Messi masih kalah dalam hal usia saat pertama kali meraih penghargaan pesepakbola terbaik tahunan ini.

Diketahui Lionel Messi meraih Ballon d'Or pertama pada 2009 silam di usia 22 tahun, 5 bulan, 7 hari. Usianya bahkan lebih tua dari legenda Manchester United, George Best saat meraih Ballon d'Or 1968 di usia 22 tahun, 7 bulan, 2 hari.

Sejarah mencatat, bahwa pemain termuda yang berhasil memenangkan gelar pemain terbaik adalah Ronaldo Nazario, pemain asal Brasil tersebut menerima penghargaan Ballon d'Or pada usia 21 tahun pada 1997 lalu.

© FC Barcelona
Ronaldo ketika memperkuat Barcelona Copyright: FC BarcelonaRonaldo ketika memperkuat Barcelona

Di tahun tersebut, Ronaldo memang tampil gemilang bersama Barcelona di mana dirinya mampu membawa El Barca meraih treble winner yakni Piala UEFA, Piala Super Spanyol dan Copa del Rey.

Selain itu, Ronaldo juga berhasil mengantarkan Timnas Brasil menjuarai Copa América serta FIFA Confederations Cup, sekaligus medali perunggu Olimpiade di tahun sebelumnya.

Tidak cuma prestasi gelar, catatan individu kala Ronaldo bermain saat itu pun sangat menakjubkan dengan menorehkan 37 gol dalam 34 penampilan bersama Barcelona di ajang La Liga.

Pada tahun tersebut, Ronaldo muda berhasil meraih Ballon d'Or dengan mengalahkan beberapa nama besar lapangan hijau seperti Predrag Mijatovic dari Real Madrid, serta Zinedine Zidane yang tampil impresif bersama Juventus.