Bola Internasional

Catat! Deretan Pentas Sepak Bola Dunia Siap Bergulir Usai Corona Mereda

Kamis, 14 Mei 2020 05:45 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Indra Citra Sena
© Amanda Dwi Ayustri/INDOSPORT
Berikut ini ada deretan pentas sepak bola dunia yang siap kembali bergulir usai wabah virus corona (COVID-19). Sebaiknya dicatat. Copyright: © Amanda Dwi Ayustri/INDOSPORT
Berikut ini ada deretan pentas sepak bola dunia yang siap kembali bergulir usai wabah virus corona (COVID-19). Sebaiknya dicatat.

INDOSPORT.COM - Berikut ini ada deretan pentas sepak bola dunia yang siap kembali bergulir usai wabah virus corona (COVID-19). Sebaiknya dicatat.

Pandemi virus corona telah menyerang ke berbagai negara di dunia sejak awal Januari 2020. Bahkan penyebarannya cukup masif sejauh ini.

Sejumlah sektor mulai mengalami kerugian akibat wabah COVID-19, termasuk dunia olahraga dan tentunya sepak bola di berbagai negara.

Buktinya, kompetisi sepak bola di sejumlah negara harus dihentikan guna menekan angka penyebaran virus corona yang meningkat secara drastis.

Beberapa figur olahraga juga sempat mengidap virus corona seperti Paulo Dybala, Mikel Arteta, dan lain-lain. Kendati begitu sebagian besar mulai sembuh.

Dampak kerugian dari kompetisi yang berhenti ialah tak ada pemasukan bagi klub. Sponsor yang mendanai juga mengalami kemacetan dalam hal finansial.

Klub-klub mengambil tindakan dengan mengurangi gaji para karyawan, staf pelatih, hingga pemain dengan ketentuan yang telah disepakati bersama.

Hal tersebut dilakukan agar tetap menyelamatkan orang-orang yang menggantungkan kehidupan dari sepak bola dan terhindar dari namanya pemutusan hubungan kerja.

Meski begitu kini beberapa negara telah melonggarkan aturan pembatasan sosial karena mereka telah berhasil menekan wabah virus corona.

Sehingga federasi tiap negara saat ini tengah mempersiapkan diri guna melanjutkan sisa pertandingan kompetisi di musim 2019-20 dengan beragam pertimbangan.

Maka dari itu, berikut ini merupakan deretan pentas sepak bola di berbagai dunia yang mulai menggulirkan kompetisi pasca COVID-19 mereda.

Eropa

© Burak Akbulut/Anadolu Agency/Getty Images
Liverpool juara Liga Champions Virgil van Dijk dinobatkan sebagai pemain terbaik. Burak Akbulut/Anadolu Agency/Getty Images Copyright: Burak Akbulut/Anadolu Agency/Getty ImagesLiverpool juara Liga Champions Virgil van Dijk dinobatkan sebagai pemain terbaik. Burak Akbulut/Anadolu Agency/Getty Images

LaLiga Spanyol telah memberikan lampu hijau terhadap klub untuk melakukan latihan sejak 4 Mei. Federasi Spanyol dikabarkan siap menggelar kompetisi lagi Juni mendatang.

Lalu ada Liga Italia yang juga sudah mengizinkan tim-tim menggelar latihan pada 4 Mei 2020. Rumor yang beredar Serie A bisa digelar dalam waktu dekat.

Sedangkan Bundesliga Jerman telah menetapkan bahwa kompetisi kembali bergulir pada Sabtu (16/5/20). Hal ini membuat Jerman menjadi federasi yang melanjutkan liga di tengah pandemi.

Bergeser ke Liga 1 Armenia yang telah memulai pelatihan lagi pada 23 April. Bahkan Federasi Armenia siap menggelar turnamen akhir Mei atau awal Juni.

Kemudian ajang Liga 1 Belarusia tak terganggu dan jalan terus meski tengah mengalami COVID-19. Sedangkan Liga 1 Bulgaria siap dimainkan 5 Juni tanpa penonton.

Liga Kroasia juga siap dimainkan 30 Mei atau 6 Juni. Sementara itu Liga 1 Republik Ceko ditetapkan siap berlangsung 25 Mei mendatang.

Pentas Hungaria rencananya siap dimainkan 23 Mei 2020. Sedangkan Islandia bakal memulai kompetisi pada 14 Juni jika kondisi semua memungkinkan.

Ada pula kompetisi Israel yang akan dilangsungkan 30 Mei 2020. Bergeser ke Polandia yang siap memainkan liga pada 29 Mei mendatang.

Asia

© news.sky.com
Pesan haru tertulis di tribun stadion saat laga Liga Korea Selatan kembali digelar Copyright: news.sky.comPesan haru tertulis di tribune stadion saat laga Liga Korea Selatan kembali digelar

Kompetisi tertinggi sepak bola Korea Selatan telah melangsungkan pertandingan pada akhir pekan lalu dengan beberapa peraturan yang ditetapkan.

Terakhir ada Turkmenistan yang siap menggelar sisa pertandingan liga dalam waktu dekat tanpa adanya penonton berdasarkan laporan The Star.

Itulah deretan kompetisi sepak bola dunia yang dalam waktu dekat bakal kembali bergulir. Menarik untuk dinanti pula bagaimana Indonesia mempersiapkannya kelak untuk Liga 1 2020.