Liga Inggris

3 Pemain Bintang di Liverpool yang Sampai Dijuluki Raja

Rabu, 27 Mei 2020 17:04 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Arum Kusuma Dewi
© -
Bendera King Kenny dikibarkan oleh fans Liverpool. Copyright: © -
Bendera King Kenny dikibarkan oleh fans Liverpool.

INDOSPORT.COM - Setidaknya ada tiga pemain yang pernah memperkuat klub Liga Inggris Liverpool dan menyandang status Raja atau King.

Sebagai salah satu klub tersukses dari Liga Inggris, Liverpool tiap musimnya silih berganti selalu diperkuat oleh pemain-pemain bintang.

Baik itu yang mendapakan kebintangannya ketika berseragam Liverpool, maupun mereka yang memang sudah terkenal sejak sebelumnya.

Namun diantara banyaknya pemain bintang yang pernah memperkuat Liverpool, ada beberapa di antaranya yang saking hebatnya bahkan sampai mendapatkan julukan Raja atau King.

Julukan yang membuat mereka menjadi sosok yang begitu dihormati dan dipuja, bukan hanya di Liverpool namun juga di negaranya. 

Siapa saja mereka, berikut INDOSPORT merangkumkan.

Kenny Dalglish

Bicara mengenai julukan King di Liverpool, wajib hukumnya untuk menyebut nama Kenny Dalglish. Sebab pria asal Skotlandia itu merupakan satu-satunya pemain yang langsung disematkan julukan King oleh suporter Liverpool sendiri.

King Kenny, sampai saat ini nama Dalglish sering disebut. Mendapatkan julukan tersebut lantaran kehebatannya ketika membela Liverpool dari tahun 1977 hingga 1990. 

Dengan catatan 355 kali bermain, 118 gol dan banyak trofi juara yang diberikannya untuk klub asal Merseyside itu, King Kenny juga merupakan salah satu pemain tersukses di Liverpool hingga saat ini.

Mohamed Salah
Jika Kenny Dalglish ada di era tahun 1980-an, saat ini ada sosok Raja lainnya dalam diri Mohamed Salah. Tetapi seakan tak mau mengurangi kebesaran seorang King Kenny, dalam julukan Mohamed Salah ada embel-embel Egyptian atau Mesir dalam kata King.

Julukan tersebut jelas merujuk pada negara asal pemain 27 tahun itu, hingga diirnya kini akrab dipanggil sebagai The Egyptian King.

Perihal julukan tersebut, kualitas sudah tentu jadi alasan utamanya. Sejak didatngkan dari AS Roma musim 2017/18 silam. Salah menjelma menjadi penyerang yang haus gol dan juga permainan yang selalu menyulitkan pertahanan lawan.

Saat ini, Salah sudah bermain 144 kali buat Liverpool, dengan torehan 91 gol. Mulai dari status pemain terbaik Liga Inggris, sampai gelar Liga Champions juga sudah dipersembahkan Salah. Apa lagi dirinya kini sudah di depan mata, untuk mengantarkan Liverpool ke galar pertamanya di Liga Inggris setelah sekitar tiga dekade terakhir.

Jari Litmanen

Selanjutnya ada Jari Litmanen. Tak seperti Dalglish dan Salah, Litmanen memang tak bisa mencapai kesuksesan luar biasa bersama Liverpool. Namun dengan kualitas dan nama besarnya di Finlandia, Litmanen juga menyandang julukan sebagai The King atau dalam bahasa setempat Kuningas.

Julukan itu memang tak lepas dari fakta bahwa Litmanen adalah merupakan pemain terhebat yang pernah ada di Finlandia. Memperkuat Timnas Finlandia sejak tahun 1989 sampai 2010, Litmanen bahkan bukan hanya sekadar menjadi seorang pemain hebat, dirinya juga sudah dikultuskan di negaranya.

Dirinya pun merupakan satu pemain Finlandia yang pernah meraih gelar juara Liga Champions, ketika dirinya membela Ajax Amsterdam musim 1994/95.

Saking besarnya pengaruh kehebatan pemain yang memperkuat Liverpool di musim 2001/02 itu di Finlandia, bahkan sampai ada sineas yang membuat kisahnya dalam sebuah film dokumenter berjudul The King - Jari Litmanen pada tahun 2012 lalu.