Liga Indonesia

3 Profesi Alternatif Pemain Liga 1 jika Kompetisi Resmi Dihentikan

Sabtu, 30 Mei 2020 19:21 WIB
Penulis: Alfia Nurul Fadilla | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Amanda Dwi Ayustri/INDOSPORT
Logo klub-klub Liga 1 2020. Copyright: © Amanda Dwi Ayustri/INDOSPORT
Logo klub-klub Liga 1 2020.

INDOSPORT.COM - Nasib kelanjutan kompetisi Liga 1 2020 masih belum jelas. PSSI dan PT LIB selaku operator masih menuggu keputusan pemerintah terkait situasi terkni pandemi virus corona.

Sebelumnya PSSI menghentikan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 dengan status force majeure. Dengan tidak adanya kompetisi segala cara pun dilakukan pemain sepak bola untuk mengisi waktu luang.

Imbas berhentinya kompetisi, pemain harus dirumahkan serta gaji pun harus dipotong. Jika pandemi virus corona terus berlanjut, para pelakon sepak bola bisa saja menjajal 3 profesi berikut demi terus mendapatkan pundi-pundi.

Influencer

Pekerjaan yang pertama adalah influencer. Seperti yang kita tahu, profesi yang satu ini tengah menjadi idola bagi para pemilik followers berlebih di akun sosial media.

Profesi ini bisa saja menjadi pilihan bagi para pesepakbola, karena kebanyakan pesepakbola profesional memiliki folllowers yang angkanya cukup fantastis. Pastinya banyak pengikut setia yang pastinya akan melihat akun Instagram sang atlet, dan iklan pun pastinya akan berdatangan.

Youtuber

Tak beda jauh dari influencer, profesi sebagai seorang Youtuber juga tengah menjadi incaran para kaum milenial. Tak terkecuali bagi para pelakon sepak bola, contohnya adalah Hamka Hamzah dan Ferdinand Sinaga yang sudah memiliki channel Youtube dengan jumlah subscriber yang lumayan.

Tentunya, hal ini bisa saja menjadi pilihan untuk pesepakbola yang lain untuk mengikuti jejak Hamka dan Ferdinand. Karena bukan rahasia umum lagi, jika penghasilan dari membuat konten di Youtube sangat lumayan.

Business Man

Selain influencer dan Youtuber, menjadi seorang pebisnis juga bisa menjadi pilihan untuk para pesepakbola. Seperti Ryuji Utomo dan Bambang Pamungkas yang memiliki brand yang memproduksi kaos yang bisa dibeli para pecinta sepak bola.

Selain berbentuk produk, banyak juga beberapa nama pesepakbola Liga 1 yang miliki bisnis kuliner seperti Hamka Hamzah yang miliki warung kopi. Tentunya hal ini bisa juga menjadi pilihan bagi para pesepakbola.