Bola Internasional

Amirul Ashrafiq: Bendera Merah Putih dan Kekuatan Netizen Indonesia

Kamis, 4 Juni 2020 08:01 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© INSTAGRAM/@AMIRULASH9
Kisah Antara Amirul Ashrafiq, Bendera Indonesia dan Kekuatan Netizen Copyright: © INSTAGRAM/@AMIRULASH9
Kisah Antara Amirul Ashrafiq, Bendera Indonesia dan Kekuatan Netizen

INDOSPORT.COM - Intip kembali kisah antara Amirul Ashrafiq, bendera Merah-Putih dan mengerikannya kekuatan netizen Indonesia di media sosial.

Nama Amirul Ashrafiq sendiri memang sempat menghebohkan Tanah Air beberapa tahun silam, tepatnya saat gelaran Piala AFF U-16 pada tahun 2018 lalu.

Kejadian bermula saat sang pemain mengunggah momen saat keberangkatan Timnas Malaysia U-16 menuju Indonesia. Tetapi dalam unggahannya, Amirul justru memasang bendera Indonesia secara terbalik menjadi Putih-Merah.

Tidak diketahui apakah yang dilakukan Amirul saat itu disengaja atau tidak, namun menariknya banyak netizen Indonesia yang langsung ramai memenuhi kolom komentar sang pemain.

Hal yang cukup unik, pasalnya sebelum isu tersebut muncul nama Amirul Ashrafiq tidak begitu populer bahkan hampir tidak dikenali oleh para netizen Tanah Air.

Namun hanya karena satu postingan, dan mungkin nasib sial Amirul saat itu lantaran unggahannya bisa diketahui publik Indonesia, dalam sekejap namanya langsung viral dan hampir seluruh masyarakat Tanah Air mengecam aksinya.

Tidak butuh waktu lama, netizen Indonesia yang dikenal 'barbar' dan tidak pandang bulu dalam bermedia sosial langsung membuat Amirul menyatakan permintaan maaf hanya dalam kurun waktu dua hari setelah insiden tersebut.

Melalui akun instagramnya, Amirul Ashrafiq mengaku telah melakukan kesalahan hingga memuat bendera Indonesia yang salah dari yang seharusnya.

© Instagram
Cuitan Amirul Amirul Ashafiq minta maaf atas kelakuannya. Copyright: InstagramCuitan Amirul Amirul Ashafiq minta maaf atas kelakuannya.

“Saya ingin meminta maaf kepada seluruh Rakyat Indonesia di atas kesilapan saya memuat naik bendera yang salah pada insta story saya, tempo hari,” tulis Amirul di Instagram, Minggu, (29/07/2018).

Aksi barbar netizen Indonesia bahkan sampai membuat Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) saat itu, Gatot S. Dewa Broto menginginkan sang pemain diusir dari kejuaraan Piala AFF U-16. 

"PSSI harus protes keras, minta mereka minta maaf. Jika perlu, pemain tersebut dilarang datang ke Indonesia untuk bertanding," jelas Sesmenpora, Gatot S Dewa Broto, kepada akurat.co.

Pernyataan tersebut dibalas Menpora Malaysia, Syed Saddiq. Lewat akun Twitternya, sang Menpora mengungkapkan kekecewaan atas tindakan Sesmenpora dan aksi brutal netizen meski sang pemain sudah meminta maaf.

Timnas Malaysia sendiri dalam gelaran Piala AFF U16 kemarin berhasil tampil impresif, di mana skuat Harimau Malaya sukses melangkah ke babak Semifinal. Sayang, langkah mereka terhenti usai dikalahkan Indonesia dengan skor 1-0.

© instagram/Amirulash9
Amirulash9 Copyright: instagram/Amirulash9Postingan Amirul saat sudah berdamai dengan Indonesia.

Sepanjang laga semifinal, Amirul Ashrafiq yang telah menuai kontroversi disambut dengan berbagai psywar oleh para suporter yang datang langsung ke stadion. Imbasnya, sang pelatih hanya berani memainkan Amirul di babak kedua.

Pada gelaran Piala AFF U16 2018, Timnas Indonesia berhasil menjadi juara setelah di partai final sukses mengalahkan Thailand melaui babak adu penalti.

Dampak ke barbaran netizen Indonesia sangat besar bagi karir Amirul, puncaknya ia tidak masuk dalam skuat Malaysia yang disiapkan untuk gelaran AFC Championship yang diselenggarakan di Kuala Lumpur tahun 2018 lalu.

Netizen Indonesia memang dikenal sangat patriotis dalam mendukung Tanah Air, bahkan selama masa pandemi mereka berperan besar dalam kemenangan Timnas Indonesia di berbagai turnamen online Piala Dunia via voting yang diselenggarakan oleh sejumlah akun besar instagram.

IDS Emoticon Suka
Suka
100%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%