Bola Internasional

Ini 5 Eks Pemain yang Gagal Jadi Pelatih, Ada Legenda Manchester United

Sabtu, 13 Juni 2020 07:45 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Indra Citra Sena
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Terdapat lima mantan pemain berbakat yang gagal ketika beralih profesi sebagai pelatih klub-klub besar di Eropa, tak terkecuali mantan bintang Manchester United.

Sepak bola adalah olahraga yang tak terduga. Berdasarkan pengalaman berbagai klub-klub besar selalu mencari sosok mantan pemain untuk menjadi pelatih, salah satu bukti nyatanya adalah Sir Alex Ferguson.

Sebelum sukses di Manchester United, Ferguson terlebih dulu bermain dalam klub-klub kecil di negeri asalnya. Selama sekitar 17 tahun berkecimpung dengan si kulit bundar, kariernya cukup impresif terbukti dengan gelar divisi dua bagi St Johnstone dan Falkirk.

Segala macam pengetahuannya saat bermain sepak bola kemudian disalurkan kala ditunjuk sebagai pelatih Manchester United. Benar saja, rentetan trofi langsung membanjiri Old Trafford.

Selain itu, ada juga nama besar seperti Antonio Conte yang sempat lebih dulu berkarier sebagai pemain, kemudian Pep Guardiola yang memutuskan untuk menangani mantan klubnya, Barcelona.

Sebagian besar dari mereka memiliki prestasi membanggakan baik kala sebagai pemain dan saat terjun langsung sebagai pelatih.

Akan tetapi, melansir laman berita 90 Min, ada kalanya pesepak bola hebat justru gagal tunjukkan kemampuannya kala diminta menukangi sebuah klub.

Siapa saja mereka? Berikut portal berita INDOSPORT merangkum lima nama pemain terbaik yang justru tak mampu emban tugas sebagai pengatur skuat.

1. Filippo Inzaghi

© INDOSPORT
Filippo Inzaghi selebrasi saat masih jadi pemain. Copyright: INDOSPORTFilippo Inzaghi selebrasi saat masih jadi pemain.

Pada masanya, Filippo Inzaghi yang terkenal sebagai pencetak gol ulung. Kemampuannya  tak bisa dianggap remeh, terbukti dengan teknik tingkat tinggi penerimaan bola melalui lutut dan ketajaman kaki dan kepalanya di atas lapangan.

Sayang, sentuhan mencetak gol tingkat tinggi Inzaghi gagal tersalurkan di tim yang ia tukangi. Sempat semusim lakoni Serie A Liga Italia bareng Bologna, legenda AC Milan ini harus rela dipecat karena timnya terperosok ke zona degradasi.

Alasannya sendiri tidak lepas setelah Bologna hanya mampu menang dua kali dalam 21 pertandingan. Dianggap bobrok, Inzaghi toh mampu bangkit dari keterpurukan dan sukses buat Benevento, tim Serie B raih posisi atas klasemen.

2. Thierry Henry

© Getty Images
Thierry Henry, Pelatih AS Monaco. Copyright: Getty ImagesThierry Henry saat melatih AS Monaco.

Sebagai pemain, Henry terkenal akan jasanya sebagai salah satu striker terbaik Liga Inggris sepanjang masa. Selain itu dirinya juga masuk angkatan The Invincible Arsenal dengan torehan rekor tak terkalahkan semusim penuh.

Segalanya berubah saat legenda timnas Prancis ini menekuni karier kepelatihan. Ditunjuk sebagai pelatih AS Monaco, Henry hanya bertahan tiga bulan dengan statistik empat menang dalam 20 pertandingan.

Beberapa kalangan percaya jika penyebab utama Thierry Henry gagal karena kekurangan sikap sabar dan mudah emosi terhadap para pemainnya. Beruntung, pria berusia 42 tahun ini mendapat kesempatan lain sebagai pelatih klub MLS, Montreal Impact.