Bola Internasional

Mencari Tahu 5 Kiper Terbaik di Kompetisi Sepak Bola Eropa

Senin, 22 Juni 2020 12:32 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Marc Atkins/Getty Images
Siapa kira-kira lima sosok kiper terbaik yang layak diperhitungkan keberadaannya di kancah sepak bola Eropa? Copyright: © Marc Atkins/Getty Images
Siapa kira-kira lima sosok kiper terbaik yang layak diperhitungkan keberadaannya di kancah sepak bola Eropa?

INDOSPORT.COM - Penjaga gawang memegang peran penting dalam sebuah tim sepak bola. Berikut sederet kiper yang layak dapat sebutan terbaik di kancah kompetisi Eropa.

Kiper memiliki tugas berat sebagai benteng yang kokoh agar timnya tidak kebobolan. Saat bertanding di kompetisi sepak bola Eropa, seorang kiper dituntut punya kemampuan yang mumpuni.

Mereka berlomba-lomba menorehkan rekor clean sheet untuk menyelamatkan timnya dari kekalahan. Dilansir dari Squawka, berikut 5 kiper terbaik di kancah kompetisi Eropa.

1. Jan Oblak (Atletico Madrid)

© sport360
Kiper Atletico Madrid, Jan Oblak. Copyright: sport360
Kiper Atletico Madrid, Jan Oblak.

Jan Oblak dinilai punya penampilan yang konsisten selama berlaga di LaLiga Spanyol. Musim ini, Oblak telah menorehkan 13 kali clean sheet di kompetisi tersebut.

Kiper Real Madrid, Thibaut Courtois, adalah pesaingnya dalam upaya meraih penghargaan Golden Gloves alias sarung tangan emas. Sejauh ini, Courtois punya torehan clean sheet yang sama dengan Jan Oblak.

2. Alisson Becker (Liverpool) 

© Chloe Knott - Danehouse/Getty Images
Alisson Becker berteriak girang karena menang atas Manchester City pada laga Liga Inggris di Anfield Copyright: Chloe Knott - Danehouse/Getty Images
Alisson Becker (Liverpool).

Alisson Becker punya kemampuan tinggi untuk menghalau bola dari mistar gawang yang dihalangnya. Pemain Liverpool ini punya fisik yang kaya dan refleks yang tidak masuk akal.

Presentase penyelamatan yang bisa dilakukannya adalah mencapai 60 persen. Itu adalah presentase tertinggi di kompetisi Liga Inggris.