Liga Indonesia

Main Karena Regulasi, Bek Mualaf Belanda Kritik Pemain Muda Indonesia

Selasa, 4 Agustus 2020 05:56 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Soe Than Win/AFP via Getty Images
Main Karena Regulasi, Bek Mualaf Belanda Kritik Pemain Muda Indonesia Copyright: © Soe Than Win/AFP via Getty Images
Main Karena Regulasi, Bek Mualaf Belanda Kritik Pemain Muda Indonesia

INDOSPORT.COM - Salah satu bek naturalisasi Indonesia asal Belanda, Diego Michiels beri kritikan kepada pemain muda yang bisa main karena regulasi.

Melansir dari laman resmi klub, pemain berusia 29 tahun itu menyebut jika para pemain muda yang mendapat kesempatan tampil dari klub haruslah berdasarkan potensi asli mereka.

Diego Michiels menjelaskan, bahwa penggunaan pemain muda karena terbentur regulasi justru akan mempersulit perkembangan sang pemain di masa depan.

"Saya harap yang diberi kesempatan bermain memang punya kualitas. Pemain muda harus malu kalau diberi kesempatan hanya karena regulasi. Tidak bagus untuk karir yang panjang," ujar Diego Michiels.

Jebolan Go Ahead Eagles ini juga memberi wejangan kepada pemain muda Indonesia, agar mereka yang diberi kesempatan tampil bersama tim senior bisa memanfaatkan momen tersebut.

“Mereka pemain muda harus sadar. Kesempatan bermain itu untuk melihat sejauh mana kemampuan yang dimiliki. Banyak anak muda yang diberi kesempatan justru tampil biasa saja. Semua harus maksimal saat latihan dan di pertandingan," tambah peraih medali perak SEA Games 2011 dan 2013 ini.

Kompetisi sepak bola tertinggi di Indonesia sendiri memang dikabarkan bakal menerapkan regulasi pemain U-20. Kebijakan itu dinilai bisa memudahkan Pelatih Timnas Indonesia, mencari pemain untuk Piala Dunia U-20

Munculnya usulan regulasi pemain U-20, berasal dari Asosiasi Pelatih Sepak bola Seluruh Indonesia (APSSI), saat rapat virtual dengan PSSI beberapa waktu lalu.

Akan tetapi, PSSI belum memutuskan apakah menerapkan atau tidak soal usulan regulasi pemain U-20. Federasi harus membahasnya terlebih dahulu di rapat Exco, termasuk semua usulan terkait opsi selanjutnya Liga 1 2020 pada September mendatang.

APSSI memang mendorong PSSI agar membuat regulasi pemain U-20 di Liga 1 2020 karena Indonesia akan tampil di Piala Dunia U-20 tahun 2021. Dengan banyaknya menit bermain, APSSI menilai pemain U-20 dapat meningkatkan kemampuan dan pengalamannya.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%