Liga Indonesia

Menpora Pastikan Tak Ada Bau Sampah di Sekitar GBT

Jumat, 7 Agustus 2020 20:27 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© www.persebaya.id
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali memastikan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya siap untuk menjadi venue Piala Dunia U-20 2021. Copyright: © www.persebaya.id
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali memastikan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya siap untuk menjadi venue Piala Dunia U-20 2021.

INDOSPORT.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali memastikan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya siap untuk menjadi venue Piala Dunia U-20 2021.

Masalah bau sampah yang jadi perdebatan sudah diurus dengan baik dan Pemkot Surabaya pun mendukung event dua tahunan ini dengan menyiapkan fasikitas penunjang seperti akses jalan.

Menpora mengatakan, ia pernah menyambangi Stadion GBT saat pembukaan Liga 1 2020, Februari lalu dan menilai venue tersebut layak jadi salah satu kandidat. Zainudin memuji kesigapan Pemkot Surabaya dalam mempersiapkan diri.

"Terakhir saya berada eradaadion itu pada saat pembukaan Liga 1, dari sore sampai malam. Saat itu tidak ada masalah sama sekali, dan kami mendapat informasi dari bu Risma (wali kota Surabaya, Tri Rismaharini) itu sudah tidak masalah lagi," bukanya.

"Kalau bermasalah warganya sudah pasti protes. GBT sudah siap, tidak ada lagi masalah lingkungan, semua berkat bu walkot yang menangani dengan serius. Jadi, itu gak masalah, gak ada bau," imbuh Zainudin.

Sementara itu, Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini memastikan tidak ada aroma sampah dari TPA Benowo yang sampai ke Stadion GBT. Bahkan, ia memuji TPA Benowo yang disebut sebagai satu-satunya Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTS) pertama sekaligus terbesar di Indonesia.

Saat ini, Stadion Gelora Bung Tomo dalam proses renovasi untuk menyambut Piala Dunia U-20 2021. Pemkot Surabaya juga menyiapkan lapangan latihan serta akses jalan agar sepenuhnya siap saat FIFA melakukan peninjauan pada September mendatang.

"Untuk lapangan latihan baru sebenarnya November sudah selesai, tapi kemudian karena ada Covid-19 yang membuat keuangan diarahkan kesana, sehingga ini menjadi delay. Jadi, standar itu yang harus kami penuhi," tuturnya.

"Insya Allah kalau untuk stadion utama sudah kelar karena untuk pertandingan lampu harus 2400 watt dan rumputnya juga khusus dan sudah mulai kami ganti. Kemudian bench pemain juga sudah kelar, kemudian untuk single seat juga sudah kelar, ini sudah mulai kami pasang, kemudian papan skor juga sudah jadi," tutup Zainudin.

Stadion Gelora Bung Tomo jadi salah satu kandidat venue Piala Dunia U-20 2021 bersama lima stadion lain yakni Gelora Bung Karno, Si Jalak Harupat, Jakabaring Palembang, Manahan Solo dan I Kapten Wayan Dipta, Bali.