In-depth

Dirundung Nestapa, Apa Solusi Terbaik Agar Lionel Messi Bertahan di Barcelona?

Rabu, 2 September 2020 18:34 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Grafis:Frmn/Indosport.com
Mengulik berbagai kemungkinan agar sang megabintang Lionel Messi mau bertahan di klubnya saat ini, Barcelona. Copyright: © Grafis:Frmn/Indosport.com
Mengulik berbagai kemungkinan agar sang megabintang Lionel Messi mau bertahan di klubnya saat ini, Barcelona.

INDOSPORT.COM - Mengulik berbagai kemungkinan agar sang megabintang Lionel Messi mau bertahan di klubnya saat ini, Barcelona. 

Lionel Messi membuat langkah mengejutkan dengan mengirimkan pesan kepada manajemen klub Barcelona yang menyatakan dirinya ingin pergi di bursa transfer kali ini.

Musim kompetisi 2019/2020 berjalan buruk bagi raksasa LaLiga Spanyol, Barcelona. Tim asal Catalan itu mengakhiri musim dengan nirgelar. Tak cuma itu, mereka juga dipermalukan Bayern Munchen 2-8 di perempat final Liga Champions.

Kondisi itu diikuti dengan pemecatan pelatih Quique Setien dan ditunjuknya eks pemain Barcelona, Ronald Koeman, sebagai pengganti. Juru taktik asal Belanda itu disebut ingin menyudahi hak istimewa Lionel Messi di Barcelona meskipun bukan berarti ia mendepak Messi dari Camp Nou. 

Messi tampaknya tidak terima bila dia disebut sebagai satu-satunya pemain yang mendapatkan hak istimewa di Barcelona sehingga dia bisa bertahan di klub Catalan itu selama hampir dua dekade.

Perlakuan tak kalah menyakitkan didapat oleh bintang lini depan Barcelona, Luis Suarez. Penyerang asal Uruguay itu sangat kecewa dengan manajemen Barcelona terkait cara klub dalam memintanya untuk hengkang.

Melalui pelatih Ronald Koeman, Barcelona memberitahu top skor ketiga sepanjang masa klub itu bahwa dirinya tak lagi diperlukan musim depan lewat sambungan telepon selama satu menit saja.

Barcelona di bawah Ronald Koeman memang bakal melakukan "bersih-bersih" dengan mendepak pemain-pemain uzur, tetapi tidak dengan Lionel Messi.

© Manu Fernandez/Pool via Getty Images
Pemain Barcelona, Lionel Messi. Copyright: Manu Fernandez/Pool via Getty ImagesPemain Barcelona, Lionel Messi.

Pihak manajemen klub yang dipimpin oleh Presiden Josep Maria Bartomeu masih pada sikapnya untuk mempertahankan Lionel Messi dan menjadikannya pusat dalam rencana Ronald Koeman ke depan.

Namun keduanya tetap pada pendirian. Setelah mengirim fax untuk meminta mengaktifkan klausul bebas trasnfer transfer pekan lalu, Lionel Messi menuntut agar segera dilakukan pertemuan dengan dewan direksi untuk membicarakan kepergian dirinya. 

Sementara dewan direksi tetap tak mau dirinya pergi dan bahkan meminta kepada klub peminat agar tak gratis mendapatkan Messi. Belakangan, Lionel Messi bakal membawa klausul bebas transfernya itu ke pengadilan. 

Lalu, sebagai legenda terbesar sepanjang sejarah klub dan mungkin sepak bola dunia, apakah ada solusi terbaik agar The Messiah bertahan di Barcelona?