Bola Internasional

6 Pemain 'Pengkhianat' Terbesar dalam Sejarah Sepak Bola

Selasa, 8 September 2020 20:11 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Istilah ‘pengkhianat’ tidak hanya muncul dalam cerita film atau dalam konsep berbangsa dan bernegara, tetapi juga ada di dunia sepak bola.

Sejumlah pemain top dunia bahkan pernah melakukan aksi ini, bahkan ada yang sampai membelot ke klub rival atau musuh bebuyutan. Namun tentunya, di balik semua itu mereka tentu sudah memikirkannya matang-matang.

Sebut saja Robin van Persie, sosok yang pernah menjadi pahlawan dan dielu-elukan oleh para suporter Arsenal. Menjadi bagian The Gunners selama kurang lebih delapan tahun, pemain asal Belanda tersebut kemudian memilih berlabuh ke Manchester United.

Keputusan itu pun menuai banyak cacian dari penggemar yang selama ini mengidolakannya. Namun seperti para pemain sepak bola kebanyakan, Robin van Persie juga memiliki alasan tersendiri mengapa ia memilih merapat ke sesama rival Liga Inggris.

Selain ada perpecahan dengan kubu manajemen, ia mengaku sangat ingin bermain di bawah Sir Alex Ferguson. Ia juga melihat ada jiwa pemenang di skuat Manchester United, sehingga pada akhirnya memutuskan bergabung.

“Ferguson membuat perbedaan bagi saya dalam menentukan pilihan saya untuk pindah ke Manchester United,” kata Van Persie seperti dilansir Daily Mirror.

“Karena cara Ferguson dalam melatih, karena cerita-cerita yang saya dengar tentang dia, juga karena keberadaan para pemain yang ada di skuat mereka,” tambahnya lagi.

Kepindahan Robin van Persie dari Arsenal ke Manchester United menjadi topik sensitif di kalangan suporter. Bahkan, sang pemain sendiri sempat merasa tidak enak lantaran ada satu insiden yang membuat ganjalan di hatinya.

Tepatnya pada November 2012 ketika ia harus menghadapi sang mantan klub. Berniat baik dengan bertukar jersey dengan Andre Santos, Van Persie malah dihadapkan pada masalah pelik lantaran suporter Arsenal yang mengamuk.

Van Persie pun merasa bahwa hal tersebut merupakan kesalahan fatal bagi dirinya. Seharusnya saat momen tersebut dirinya melindungi Andre Santos.

Selain Robin van Persie, tentunya masih ada sejumlah pengkhianat lain di dunia sepak bola. Siapa saja mereka?