Liga Indonesia

Liga 1 Siap Bergulir, PSSI Siapkan Rp5 Miliar untuk Swab Test

Rabu, 9 September 2020 09:30 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Twitter/@Liga1Match
Logo Liga 1 2020. Copyright: © Twitter/@Liga1Match
Logo Liga 1 2020.

INDOSPORT - PSSI seperti terus melakukan persiapan guna menyongsong bergulirnya kembali Liga 1 2020. Bahkan PSSI sudah menyiapkan dana sebesar 5 miliar rupiah.

Dana ini disiapkan PSSI untuk keperluan melakukan swab test untuk seluruh perangkat pertandingan. Hal ini agar kompetisi Liga 1 dan Liga 2 berjalan lancar.

Keterangan tersebut diutarakan oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. Menurutnya, hal ini juga sebagai bentuk tanggung jawab dari PSSI.

"Kita siapkan anggaran untuk swab itu Rp5 miliar kurang lebih. Itu memang menjadi tanggung jawab federasi dan tentu kalau sudah bergulir ada sponsor kembali," ucap Iriawan.

Iriawan menambahkan bahwa PSSI juga mendapat bantuan dari Satgas Percepatan Penangganan Covid-19. Dengan begitu, federasi dan operator liga bisa menerapkan protokol kesehatan ketat sesuai dengan ketentuan sepak bola di tengah pandemi.

"Pak Doni Monardo (Ketua Satgas COVID-19) juga mengatakan akan membantu kami. Jadi meringankan kami juga," jelas Iriawan.

Iriawan menambahkan, dengan kembalinya bergulir Liga 1 dan Liga 2 sebagai bukti kepada dunia bahwa Indonesia siap hidup berdampingan dengan Covid-19. 

"Lewat bergulirnya lagi kompetisi Liga 1 dan Liga 2 kami ingin menunjukkan ke dunia kalau Indonesia juga sudah siap untuk hidup berdampingan dengan COVID-19 dan menerapkan sistem kehidupan baru atau new normal," tukas Iriawan.

Roda kompetisi Liga 1 dijadwalkan kembali bergulir pada 1 Oktober mendatang. Seluruh pertandingan akan berpusat di pulau Jawa karena situasi pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia.