Liga Inggris

Termasuk Jordan Henderson, Ini 5 Kapten Terbaik Liverpool Sepanjang Masa

Sabtu, 12 September 2020 02:05 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Yosef Bayu Anangga
© Adam Davy - PA Images via Getty Images
Termasuk Jordan Henderson, Ini 5 Kapten Terbaik Liverpool Sepanjang Masa Copyright: © Adam Davy - PA Images via Getty Images
Termasuk Jordan Henderson, Ini 5 Kapten Terbaik Liverpool Sepanjang Masa

INDOSPORT.COM - Keberadaan kapten di atas lapangan hijau memang sangat berpengaruh dalam sebuah tim, terlebih saat Liverpool menjuarai Liga Inggris musim lalu. Jordan Henderson berperan penting dalam semua laga yang dijalani oleh The Reds.

Pada kompetisi Liga Inggris 2019-2020, Liverpool akhirnya mendapatkan gelar juara setelah penantian panjang selama 30 tahun. Mereka juga menorehkan beberapa raihan rekor selama semusim.

Keberhasilan mendapatkan gelar juara Liga Inggris musim lalu melengkapi kesuksesan Liverpool. Sebelumnya, pasukan  Jurgen Klopp berhasil meraih beberapa trofi, di antaranya Liga Champions, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Klub.

Tampil konsisten hampir di sepanjang musim, Liverpool menutup musim dengan mengumpulkan 99 poin, unggul hingga 18 poin dari Manchester City di posisi runner-up. Tentu saja, keberhasilan The Reds tidak luput dari sosok kapten di atas lapangan.

Berikut 5 Kapten Terbaik Liverpool Sepanjang Masa:

1. Steven Gerrard (2003-2015)

Steven Gerrard pantas ditempatkan di tempat nomor satu. Sebagai lambang kepemimpinan Liverpool, dirinya menandai warisannya dalam sejarah The Reds sebagai kapten terlama, yakni selama 12 musim.

Ia mengawali debut pada 1998 saat masih berusia 18 tahun, lalu diberi gelar kapten pada 2003 menggantikan Sami Hyypia.

Selama masa menjadi kapten, dirinya tidak banyak memberikan trofi bagi Liverpool, tapi namanya selalu dipuja oleh seisi Anfield.

Pada 2005, Steven Gerrard berhasil memimpin klubnya meraih trofi Liga Champions kelima bagi Liverpool. Dia juga berhasil mempersembahkan juara Piala FA 2005-2006, Piala Liga 2011-2012, dan Community Shield 2006.

2. Alan Hansen (1985-1990)

Bek Alan Hansen tiba di Liverpool pada 1977. Dia adalah pilar kekuatan bagi The Reds. Dirinya menjadi kapten saat Kenny Dalglish melatih pada 1985. Penampilannya sangat baik dan mampu berkontribusi bagi The Reds di atas lapangan.

Alan Hansen dikenal sebagai pemimpin yang membawa aura positif dan menginspirasi di lapangan. Di bawah kepemimpinannya, Liverpool memenangkan Piala FA dan Liga Inggris pada 1986.

Dia juga menjadi kapten Liverpool saat klub berhasil merebut gelar juara Liga Divisi I 1988 dan 1990. Kemudian dia membantu The Reds mengangkat Piala FA pada 1989.