Liga Inggris

Catatan Apik James Rodriguez: Mampu Taklukan 5 Liga di Eropa

Minggu, 20 September 2020 14:59 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© twitter @Everton
Pemain baru Everton, James Rodriguez mendapatkan catatan apik saat bermain di kompetisi sepak bola 5 negara Eropa yang sudah ia jajal sebelumnya. Copyright: © twitter @Everton
Pemain baru Everton, James Rodriguez mendapatkan catatan apik saat bermain di kompetisi sepak bola 5 negara Eropa yang sudah ia jajal sebelumnya.

INDOSPORT.COM - Pemain baru Everton, James Rodriguez mendapatkan catatan apik saat bermain di kompetisi sepak bola 5 negara Eropa yang sudah ia jajal sebelumnya. Saat ini dirinya bermain di Liga Inggris.

James Rodriguez kembali menjadi starter pada laga keduanya bareng Everton di Goodison Park pada Sabtu (19/09/20) malam WIB. pasukan Ancelotti ini berhadapan dengan tim promosi yakni West Bromwich Albion.

James tampil mengesankan dalam pertandingan debut kandangnya itu. Ia juga mencetak gol perdananya untuk Everton. Meski Dominic Calvert-Lewin membuat hatrick dan membawa timnya menang 5-2, peran mantan pemain Real Madrid ini juga sangat besar.

James berhasil mencetak gol perdananya setelah Everton sempat tertinggal lebih dulu dan membuat skor berbalik menjadi 2-1. Sepakannya dari luar kotak penalti tak kuasa dihalau oleh penjaga gawang dari West Brom, Sam Johnstone.

Pada babak kedua tepatnya menit ke-66 James menjadi arsitek untuk gol ketiga dari Calvert-Lewin. Satu gol dan satu assist ini menyamai catatannya musim lalu bersama Real Madrid. Hal ini wajar karena dirinya jarang dimainkan saat membela Los Blancos.

Terdapat rekor unik yang dibuat oleh James Rodriguez usai menjebol gawang dari West Brom. Dilansir dari akun twitter MisterChip, dirinya menjadi pemain pertama yang mampu mencetak gol di lima dari enam liga top Eropa.

Saat masih berseragam FC Porto, James Rodriguez selalu menjadi pemain yang mencetak gol di kompetisi sepak bola Portugal. Dirinya menjadi pemain yang sangat diandalkan untuk bisa membobol gawang lawan.

Di Ligue 1 Prancis, pemain asal Kolombia ini juga mencetak gol bersama AS Monaco. Kemudian saat di Spanyol bersama Real Madrid juga pernah mencetak gol. Pemain berusia 29 tahun ini juga tak luput mencetak gol saat bermain di Bundesliga Jerman bersama Bayern Munchen.

James Rodriguez hanya tinggal menaklukkan satu liga top lainnya, yakni Serie A Liga Italia. Total gol pemain berusia 29 tahun itu di liga-liga Eropa adalah 78 gol, tersubur saat masih bersama Real Madrid dengan 29 gol.

Sebagai informasi, James Rodriguez memulai karier profesionalnya sebagai pemain sepak bola bermula dari FC Porto pada tahun 2010 silam. Hanya tiga musim di klub asal Portugal, dirinya memutuskan untuk berlabuh ke AS Monaco di Ligue 1 Prancis.

Hanya satu musim berseragam AS Monaco, James pun akhirnya dikontrak oleh Real Madrid pada tahun 2014. Tiga tahun bersama raksasa LaLiga Spanyol, dirinya pun dipinjamkan ke Bayern Munchen pada tahun 2017.

Setelah satu tahun tidak mendapatkan banyak jatah bermain bersama Real Madrid, James Rodriguez pun akhirnya memutuskan untuk berlabuh ke klub Liga Inggris bersama Everton di musim ini. Masa baktinya  sendiri akan berakhir di tahun 2022 mendatang.