In-depth

Membedah Solusi Klopp untuk Liverpool Tanpa Fabinho dan Matip

Sabtu, 31 Oktober 2020 19:39 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Boris Streubel/Getty Images
Pelatih utama Liverpool, Jurgen Klopp, mencari solusi atas cederanya Fabinho dan Joel Matip. Copyright: © Boris Streubel/Getty Images
Pelatih utama Liverpool, Jurgen Klopp, mencari solusi atas cederanya Fabinho dan Joel Matip.

INDOSPORT.COM - Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, memang harus memutar otak setelah Fabinho dan Joel Matip kini juga cedera menyusul Virgil van Dijk.

Liverpool akan menghadapi West Ham United di ajang Liga Inggris pada hari Minggu (01/11/20) dini hari WIB. Sampai tulisan ini dibuat, The Redssedang bersaing ketat di papan atas klasemen sementara dengan raihan 13 poin.

Saingan terdekat mereka adalah klub rival sekota, Everton, yang mengumpulkan poin dan jumlah pertandingan sama. Sementara itu, The Hammers bercokol di posisi 12 dengan 8 poin.

Ini adalah kesempatan baik bagi skuat Klopp untuk merebut angka karena hanya melawan tim dari papan tengah. Akan tetapi, mereka harus mengurus lini pertahanannya dulu lantaran Fabinho dan Joel Matip untuk saat ini belum bisa dimainkan.

Untuk kasus Fabinho sendiri, Klopp sudah memastikan pemainnya itu akan absen sampai pekan internasional karena mendapat cedera ringan. Namun ia bisa bermain kembali setelahnya, hanya saja Klopp belum tahu kapan.

“Setelah jeda internasional, ia akan kembali, saya yakin itu. Akan tetapi, belum tahu kapan pastinya. Dia hanya mengalami cedera ringan, bukan hal yang akan menghabiskan waktu lama,” kata Klopp seperti dikutip dari laman resmi klub.

Pertandingan melawan West Ham United pun jadi tantangan tersendiri bagi pelatih sepak bola asal Jerman tersebut. Ia masih memiliki sejumlah pemain yang mungkin bisa diandalkan seperti Billy Koumetio, Nathaniel Phillips, dan Rhys Williams.

Akan tetapi pertanyaannya, seberapa siapkah mereka untuk mengambil alih tugas di jantung pertahanan Liverpool?

Menurut pengakuan Klopp, tiga pemain tersebut punya kans sama besar untuk menempati peran yang ditinggalkan para bek tengah yang cedera. Pasalnya, baik Koumetio, Phillips, maupun Williams tampil apik selama sesi latihan.

Selain itu, Klopp juga punya alternatif yang bisa diambilnya seperti memainkan James Milner, Andrew Robertson, Jordan Henderson, atau Gini Wijnaldum untuk membantu Joe Gomez.

Bahkan, sang pelatih mengambil contoh dari Javier Mascherano, mantan pemain Liverpool bertubuh mungil yang bisa melaksanakan tugasnya dengan baik meski awalnya berposisi sebagai gelandang bertahan.

“Mereka tidak lebih kecil dari Mascherano dan dia bermain di posisinya dengan bagus,” ujar Klopp ketika mengingat sosok pemain asal Argentina tersebut.

Ya, Javier Mascherano berhasil menjadi simbol kesuksesan tersendiri di skuat Liverpool era Rafael Benitez. Sampai-sampai, ia disebut sebagai ‘pemain monster’ oleh pelatihnya itu karena tampil apik dalam formasi empat bek. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
100%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%