Bola Internasional

Efek Pandemi, Euro 2021 Berpotensi Digelar di Rusia

Selasa, 3 November 2020 01:42 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© INDOSPORT
UEFA mempertimbangkan menghapus rencana menggelar Euro 2021 di 12 tempat dan menggelarnya di Rusia. Copyright: © INDOSPORT
UEFA mempertimbangkan menghapus rencana menggelar Euro 2021 di 12 tempat dan menggelarnya di Rusia.

INDOSPORT.COM – Federasi sepak bola Eropa, UEFA berencana menghapus gagasan utama Euro 2021 yang sedianya akan digelar di 12 kota menjadi dihelat di satu tempat saja, yakni Rusia.

Efek pandemi corona yang menyerang berbagai belahan dunia, turut menyerang ajang-ajang olahraga tahunan. Dari Olimpiade hingga Euro yang digelar di tahun 2020 harus ditunda.

Tahun 2021 pun dipilih untuk menggelar ajang tahunan ini. Olimpiade akan tetap dilanjutkan sesuai rencana semula, yakni di Tokyo. Namun, untuk Euro, berpotensi adanya sedikit perubahan dalam gelarannya.

Sejatinya, gelaran Euro 2021 akan digelar di 12 kota. Dari London hingga St Petersburg dan Bilbao hingga Baku. Hal ini sesuai dengan gagasan Michel Platini pada 2012 silam.

Namun karena efek pandemi yang belum berkesudahan, gagasan ini akan dirubah oleh UEFA untuk menghindari penyebaran.

Dilansir dari Get French Football News, UEFA berencana menghapus 12 tuan rumah tersebut dan menggelar Euro 2021 di satu tempat saja, yakni Rusia.

Dipilihnya Rusia tak lepas dari keberhasilan menggelar Piala Dunia 2018 dan juga tingkat Covid-19 yang rendah di negeri beruang merah tersebut.

Rusia tercatat memiliki rasio kematian karena Covid-19 sebesar 29 ribu dari 1,6 juta kasus hingga saat ini. Angka tersebut menjadi angka terendah di Eropa.

Namun hingga kabar ini tersiar, belum ada konfirmasi dari UEFA mengenai perubahan rencana Euro 2021. Federasi sepak bola Eropa ini masih membutuhkan waktu untuk mengambil keputusan terkait ajang empat tahunan tersebut.

Selain Rusia, UEFA juga menimbang Azerbaijan menjadi tempat penyelenggaraan Euro 2021. Namun, adanya konflik militer dengan Armenia membuat opsi ini pun perlahan dilupakan.