Bola Internasional

Kaleidoskop Bola Maret 2020: Ronaldinho Ditangkap Polisi, Liga-Liga Eropa Dihentikan

Jumat, 25 Desember 2020 21:10 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Sportbible
Banyak peristiwa menarik terjadi di dunia sepak bola internasional sepanjang tahun 2020. INDOSPORT coba merangkumnya dalam kaleidoskop, edisi bulan Maret. Copyright: © Sportbible
Banyak peristiwa menarik terjadi di dunia sepak bola internasional sepanjang tahun 2020. INDOSPORT coba merangkumnya dalam kaleidoskop, edisi bulan Maret.

INDOSPORT.COM – Banyak peristiwa menarik terjadi di dunia sepak bola internasional sepanjang tahun 2020. INDOSPORT coba merangkumnya dalam kaleidoskop, edisi bulan Maret.

Di dunia sepak bola internasional, bulan Maret 2020 menjadi tahap awal menyebarnya virus corona. Sejumlah figur mulai tertular, dan sejumlah kompetisi terimbas. Meski demikian, ada pula kabar-kabar menarik lainnya.

Bulan Maret diawali dengan kabar gembira dari Manchester City. The Citizens memenangi Piala Liga untuk ketiga kalinya secara beruntun usai mengalahkan Aston Villa 2-1 di final pada 3 Maret 2020.

Dua hari kemudian, kabar mengejutkan datang dari Ronaldinho. Legenda Barcelona itu ditahan di Paraguay setelah diketahui memasuki negara tersebut dengan paspor palsu.

Dari Serie A Italia, AC Milan memecat legenda mereka, Zvonimir Boban, dari posisi Chief Football Officer setelah terkait perselisihan dengan CEO Ivan Gazidis terkait rencana merekrut Ralf Rangnick.

Pada tanggal 10, meluasnya pandemi corona membuat Serie A Italia resmi dihentikan hingga batas waktu yang tidak ditentukan, setelah sebelumnya sempat digelar tanpa penonton. Sebelumnya, partai semifinal Coppa Italia antara Juventus vs AC Milan juga telah ditunda.

Pada tanggal 11 Maret, corona mulai menyerang figur sepak bola. Timo Hubbers, bek Hannover 96,  menjadi pemain pertama yang diketahui terjangkit virus tersebut.

Sementara itu, di tengah Liga Champions yang masih digelar, Liverpool selaku juara bertahan ditimpa musibah. Liverpool yang kalah 0-1 di leg pertama babak 16 besar di kandang Atletico Madrid, wajib menang di leg kedua yang digelar di Anfield.

Asa Liverpool sempat bangkit ketika mereka unggul 1-0 sehingga laga dilanjutkan ke perpanjangan waktu. Roberto Firmino pun kemudian menggandakan skor menjadi 2-0. Namun di luar dugaan Atletico Madrid melakukan comeback dan berbalik menang 3-2, sehingga lolos ke babak 8 besar.

Tak lama kemudian, virus corona mulai menyebar ke Liga Inggris dan menimpa Arsenal. Pada tanggal 13 Maret, manajer The Gunners yakni Mikel Arteta dinyatakan positif virus tersebut.

Penyebaran virus mematikan itu pun mulai memporak porandakan dunia sepak bola. Pada tanggal 17 Maret, UEFA resmi menunda penyelenggaraan Euro 2020 ke musim panas 2021. Sementara itu, CONMEBOL juga mengambil keputusan serupa dengan menunda Copa America 2020 ke tahun 2021.

Liga Inggris pun terkena imbas dengan ditunda hingga tanggal 30 April, lebih panjang dari rencana semula yang hanya sampai 4 April.

Wabah virus corona bahkan kemudian mulai memakan korban jiwa. Pada 22 Maret, mantan presiden Real Madrid, Lorenzo Sanz, wafat akibat virus tersebut pada usia 76 tahun, setelah sempat dirawat beberapa hari di rumah sakit.

Sehari kemudian, kompetisi LaLiga Spanyol 2019/2020 pun resmi dihentikan hingga batas waktu yang belum bisa ditentukan, setelah sebelumnya sempat terus digelar tanpa suporter.

Pada 24 Maret, final Liga Champions dan Liga Europa yang tadinya sudah diundur ke Juni, akhinya ditunda hingga batas waktu yang belum bisa ditentukan oleh UEFA.

Di hari yang sama, Olimpiade Tokyo 2020 pun juga resmi ditunda hingga satu tahun ke musim panas 2021, juga karena pandemi virus corona.