Bola Internasional

10 Pelatih Sepak Bola Terbaik di Dunia Tahun 2020 Versi INDOSPORT (Part 1)

Minggu, 27 Desember 2020 17:45 WIB
Editor: Coro Mountana
© Gabriele Maltinti/Getty Images
Stefano Pioli, manajer AC Milan Copyright: © Gabriele Maltinti/Getty Images
Stefano Pioli, manajer AC Milan

INDOSPORT.COM – Menjelang berakhirnya tahun 2020 ini, rasanya menarik untuk melihat Kembali siapa saja pelatih sepak bola terbaik di dunia versi INDOSPORT untuk part 1.

Tak terasa sebentar lagi, kita akan segera meninggalkan tahun yang penuh kabar duka. Masalah wabah virus corona memang telah sangat banyak menyita tenaga kita di tahun 2020 ini.

Akan tetapi, deretan pelatih berikut ini tetap bekerja dengan sangat keras di tahun yang sangat berduka ini. Sehingga kerja kerasnya pun perlu diapresiasi sebagai pelatih terbaik di dunia pada tahun 2020.

Menurut kami, inilah deretan pelatih sepak bola terbaik di dunia untuk tahun 2020. Sebagai catatan, untuk artikel ini, hanya membahas untuk urutan kesepuluh hingga keenam saja, berikutnya akan kami lanjutkan di artikel berikutnya.

Marcelo Bielsa

Kita mulai dari Marcelo Bielsa yang pada akhirnya bisa menepati janjinya untuk mengantarkan Leeds United ke Liga Inggris. Atas pencapaiannya itu, Bielsa pun diberi penghargaan oleh FIFA sebagai pelatih terbaik ketiga dunia pada tahun 2020.

Meski begitu, menurut kami, Bielsa rasanya masih belum menunjukan kemampuan Leeds United yang sebenarnya. Itu bisa dilihat bagaimana Leeds United masih berada di papan bawah, Bielsa pun tak bisa berbuat banyak saat dibantai Manchester United.

Jadi rasanya kami pun tidak memasukannya ke dalam daftar 5 besar, karena masih banyak pelatih sukses lainnya. Tapi tetap kami berikan tempat berkat kemampuannya menyulap Leeds United bermain sangat atraktif dengan materi pemain yang sebenarnya pas-pasan.

Rudi Garcia

Namanya sangat jarang diperbincangkan, tetapi sesungguhnya kemampuannya dalam meracik taktik sangatlah mengerikan, dia adalah Rudi Garcia. Pelatih asal Prancis satu ini adalah sosok kunci di balik keberhasilan Lyon bisa mencapai semifinal Liga Champions musim lalu.

Dengan materi pemain bintang hanya Houssem Aouar dan Memphis Depay saja, tetapi Rudi Garcia bisa bawa Lyon singkirkan Juventus dan Manchester City. Bahkan Bayern Munchen di semifinal saja sempat kesulitan Ketika melawan Lyon asuhan Rudi Garcia.

Pelatih yang pernah nyaris bawa AS Roma juara Serie A Italia itupun saat ini sedang sukses membawa Lyon bersaing di papan atas Ligue 1 Prancis. Dengan sumber daya terbatas dari pemainnya, apa yang sudah ditunjukan Rudi Garcia sudah sangat luar biasa.