Bola Internasional

Qatar dan Australia Batal Mengikuti Turnamen Copa America 2021

Rabu, 24 Februari 2021 18:03 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor:
© Chris Brunskill/Fantasista/Getty Images
Qatar dan Australia Batal Mengikuti Turnamen Copa America 2021. Copyright: © Chris Brunskill/Fantasista/Getty Images
Qatar dan Australia Batal Mengikuti Turnamen Copa America 2021.

INDOSPORT.COM - Dua negara anggota Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) yakni Qatar dan Australia memutuskan batal mengikuti turnamen Copa America 2021.

Dilansir dari ESPN, Sekretaris Jenderal Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (CONMEBOL), Gonzalo Belloso, menjelaskan kalau tanggal digelarnya Copa America berbenturan dengan jadwal Qatar dan Australia di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Dengan kondisi tersebut, Qatar dan Australia memilih absen dalam perhelatan Copa America 2021. Ajang bergengsi tersebut rencananya akan berlangsung pada 11 Juni hingga 11 Juli 2021 mendatang.

"Qatar dan Australia tidak akan datang untuk bermain di Copa America," kata Gonzalo Belloso

Qatar dan Australia seharusnya ikut berpartisipasi dalam edisi terbaru Copa America. Mereka menjadi tim dari luar kawasan Amerika Latin yang bersaing memperebutkan trofi dengan status undangan.

Asosiasi Sepakbola Qatar (QFA) dilaporkan telah meminta maaf atas pengunduran diri karena berkomitmen pada jadwal AFC untuk kualifikasi Piala Dunia 2022 yang digelar Juni 2021.

Diketahui, Copa America pernah digelar setiap empat tahun, tiga tahun, dua tahun, atau satu tahun sekali. Bahkan turnamen ini pernah berlangsung dua kali dalam tahun yang sama, yaitu pada 1959 silam.

Sejumlah perubahan pun sering terjadi dalam sistem penyelenggaraannya. Mulai dari format kandang-tandang, tuan rumah tunggal seperti kebanyakan hingga tuan rumah dari negara non-Amerika Selatan.