Bola Internasional

3 Cara Menilai Kreativitas Pesepak Bola selain dari Assist

Kamis, 25 Februari 2021 12:41 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Dalam dunia sepak bola, pemain kreatif selalu identik dengan assist. Namun faktanya, kreativitas seorang pemain dalam dunia si kulit bundar tak berpatokan dengan jumlah assist yang ada.

Di musim 2020/21 terdapat banyak pemain yang masuk dalam kategori pembuat assist terbanyak. Namun nama Jack Grealish menjadi pemain yang paling banyak memberikan assist di lima liga top Eropa dengan 12 assist (data dari Transfermarkt) hingga artikel ini dimuat.

Grealish merupakan playmaker milik Aston Villa. Sebagai playmaker, ia bertugas mengatur alur serangan tim. Tak ayal, jumlah assist menjadi penanda bagi pemain yang ada di posisi ini.

12 assist Grealish sendiri tercipta di segala ajang. Ia unggul satu assist dari Harry Kane dan Bruno Fernandes yang sama-sama mengoleksi 11 assist.

Ketiga pemain ini tak ayal dicap pemain kreatif karena kemampuannya yang mampu menciptakan peluang berbuah gol untuk rekan-rekan setimnya.

Tak ayal, nama ketiganya melejit karena jumlah assist yang mereka buat berada di atas rata-rata pemain lainnya. Pasalnya, membuat assist sendiri sama sulitnya dengan mencetak gol.

Akan tetapi, dengan jumlah assist tersebut, ketiga pemain di atas tak serta merta bisa dikatakan sebagai pemain kreatif.

Masalahnya, assist bukanlah citra dari kreativitas di atas lapangan. Sebagai contoh gambaran assist adalah adanya persamaan ketika pemain memberikan umpan dua meter dengan pemain yang membawa bola sejauh 60 meter sebelum mengirimkan umpan berbuah gol.

Secara nilai assist, maka kedua pemain ini sama-sama mencetak satu assist. Namun secara kreativitas, tentu pemain yang membawa bola sejauh 60 meter sebelum mengirim umpan berbuah gol adalah pemain yang paling kreatif.

Kasus ini sempat merebak di media sosial. Bruno Fernandes yang dicap pemain kreatif karena assistnya, sejatinya bukanlah pemain kreatif sebenarnya di sepak bola karena assistnya hanya berasal dari umpan pendek dan kemampuan rekannya mencetak gol seperti video di bawah ini.

Sehingga, ada tiga cara lain yang bisa dipakai untuk menilai apakah seorang pemain kreatif atau tidak tanpa melihat jumlah assist saja. Berikut INDOSPORT rangkum dalam tiga poin di bawah ini seperti yang dikutip dari laman Twenty3.