In-depth

Duel Antarlini Manchester City vs Chelsea di Liga Inggris: Adu Efektivitas Lini Depan

Sabtu, 8 Mei 2021 14:36 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Grafis:Frmn/Indosport.com
Berlangsung di Etihad Stadium, Manchester City akan menghadapi Chelsea pada pekan ke-35 Liga Inggris 2020-2021, Sabtu (08/05/21). Copyright: © Grafis:Frmn/Indosport.com
Berlangsung di Etihad Stadium, Manchester City akan menghadapi Chelsea pada pekan ke-35 Liga Inggris 2020-2021, Sabtu (08/05/21).

INDOSPORT.COM - Berlangsung di Etihad Stadium, Manchester City akan menghadapi Chelsea pada pekan ke-35 Liga Inggris 2020-2021, Sabtu (08/05/21). Laga kedua tim menjadi semacam ajang pemanasan jelang final Liga Champions akhir Mei mendatang. 

Manchester City tengah di atas angin. The Citizens cukup memenangkan satu laga lagi untuk memastikan gelar Liga Inggris musim ini. 

Meski unggul hingga 13 poin, City belum bisa memastikan gelar juara lantaran Man United saingan terdekat City masih menyisakan satu tabungan laga. 

Untuk itu, Pep Guardiola pun tak akan menyia-nyiakan laga melawan Chelsea. Kemenangan atas Chelsea akan memastikan City sebagai jawara Liga Inggris. 

Meski begitu, Chelsea tidak akan mengalah begitu saja. Mereka juga haus kemenangan demi mengamankan satu tiket Liga Champions musim depan. 

Pada laga ini Chelsea harus ditinggal oleh bintang mereka, Matteo Kovacic. Selebihnya, pelatih Thomas Tuchel bisa menurunkan kekuatan penuh. 

Sementara itu, satu-satunya nilai minus di Manchester City ialah potensi absennya Eric Garcia. Meski demikian, nama-nama besar seperti Riyad Mahrez, Ruben Dias, Phil Foden, Fernandinho, dan pemain yang akan hengkang, Sergio Aguero, masih dalam keadaan prima.

Lalu bagaimana gambaran penampilan kedua tim malam nanti? Berikut kami ulas duel perliniMan City vs Chelsea. 

FORMASI
Man City 4-2-3-1
Chelsea 3-4-2-1

KIPER

Di sektor penjaga gawang, andalan kedua tim sama-sama sedang dalam performa terbaik. Di Chelsea, Edouard Mendy sukses mencatatkan 24 cleansheet dan hanya bobol 27 kali dari 41 laga di semua kompetisi, meski ini merupakan musim debutnya bersama The Blues.

Sementara itu, Ederson Moraes tampil tak kalah apik di musim keempatnya bersama Manchester City dengan catatan 25 cleansheet dan kebobolan 27 kali dari 44 pertandingan. Ketangguhannya bahkan membawa City jadi tim dengan pertahanan terbaik di Liga Inggris musim ini.

BELAKANG

Di belakang, Chelsea kini mengandalkan pola trio bek tengah dengan Cesar Azpilicueta berada di paling kanan, sedangkan dua posisi lain diisi bergantian oleh Andreas Christensen, Antonio Rudiger, Kurt Zouma, dan Thiago Silva.

Pola ini terbukti meningkatkan pertahanan The Blues dengan hanya kebobolan 3 gol dalam 9 pertandingan terakhir.

Di kubu City, pola 4 bek sejajar diisi oleh duet Laporte dan Ruben Dias di tengah, serta Joao Cancelo dan Kyle Walker di full back. Laporte dan Dias berada di dua besar rataan clearance di tubuh tim, sedangkan Cancelo memuncaki rataan tekel. 

Man City mengalami kerugian setelah tidak bisa menurunkan John Stones-yang sudah mencetak 5 gol-karena hukuman kartu merah.