Liga Champions

On This Day: Manisnya Balas Dendam AC Milan ke Liverpool

Minggu, 23 Mei 2021 14:05 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© INDOSPORT
Paolo Maldini berperan dalam memberikan gelar Liga Champions 2006/07 untuk AC Milan. Copyright: © INDOSPORT
Paolo Maldini berperan dalam memberikan gelar Liga Champions 2006/07 untuk AC Milan.

INDOSPORT.COM – Tepat 23 Mei 2007 atau 14 tahun silam, AC Milan menorehkan tinta manis dengan membalaskan dendamnya ke Liverpool di Liga Champions.

Membicarakan pertemuan AC Milan dan Liverpool, maka pecinta sepak bola mengingat ‘Miracle of Istanbul’ pada 2005 silam.

Saat itu, Liverpool berhasil mengalahkan AC Milan lewat adu penalti di final Liga Champions 2004/05 usai tertinggal 0-3 di babak pertama.

Di laga itu, memang AC Milan diprediksi akan memenangi Liga Champions 2004/05 setelah unggul tiga gol lewat Paolo Maldini dan dua gol Hernan Crespo.

Keunggulan tiga gol di babak pertama ini membuat penggawa AC Milan yakin menggondol Liga Champions 2004/05. Bahkan, ada kabar bahwa Gennaro Gattuso mengejek Steven Gerrard dengan menyeringai di lorong kamar ganti pemain.

Namun, di babak kedua Liverpool mampu membalikkan keadaan dengan membalas tiga gol AC Milan lewat Gerrard, Vladimir Smicer, dan Xabi Alonso.

Kedudukan 3-3 itu berlanjut ke babak adu penalti di mana Jerzy Dudek, menjadi pahlawan Liverpool dan membawa The Reds menumbangkan AC Milan di final.

Kekalahan itu memberi rasa sakit yang dalam bagi AC Milan mengingat mereka telah unggul 3-0 terlebih dulu di babak pertama.

Namun dua tahun kemudian, AC Milan memiliki kesempatan membalaskan dendamnya ke Liverpool. Masih di ajang dan babak yang sama yakni final Liga Champions 2007.

Bagaimana kisah heroik AC Milan yang berhasil membalaskan dendamnya ke Liverpool di final Liga Champions 2007? Berikut rangkumannya.