Liga Italia

Profil Tim Promosi Serie A Italia Venezia: 'Kedekatan' dengan Milan hingga Naik Turun Kasta

Sabtu, 29 Mei 2021 14:15 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Nicolo Zangirolami/Getty Images
Venezia FC. Copyright: © Nicolo Zangirolami/Getty Images
Venezia FC.

INDOSPORT.COM – Berikut profil Venezia, tim lawas asal Italia yang akan menemani Empoli dan Salernitana tampil di Serie A musim depan.

Venezia berhasil kembali ke Serie A Italia untuk musim 2021/22 mendatang usai memenangi babak Playoff melawan Cittadella dalam dua laga sengit nan dramatis.

Dalam dua laga tersebut, Venezia mampu unggul 1-0 di leg pertama. Lantas, di leg kedua, tim berjuluk Arancionerverdi ini menahan imbang Cittadella dengan skor 1-1.

Laga dramatis tercipta di leg kedua. Bermain di markas sendiri, Venezia sempat tertinggal dari Cittaldella dengan skor 0-1 hingga menit ke-90.

Namun, Riccardo Bocalon berhasil mencetak gol penyama kedudukan dan berhasil memastikan Venezia unggul agregat serta kembali ke Serie A untuk musim depan.

Pernyataan ‘kembali ke Serie A’ sejatinya bukanlah sebuah hal yang mengada-ada. Pasalnya, Venezia sempat eksis di kasta tertinggi sepak bola Italia tersebut.

Eksistensi Venezia di Serie A sendiri berlangsung di medio 1990 an. Dengan sejarah yang dimiliki, kembalinya Arancioneroverdi membuat banyak orang gembira.

Anak asuh Paolo Zanetti tentu menjadi pihak yang paling berbahagia. Pasalnya, promosinya Venezia ke Serie A menjadi yang pertama sejak 19 tahun silam.

Dalam perioden 19 tahun tersebut, banyak masalah menerpa tim yang berbasis di Venice tersebut. Mulai dari kondisi finansial yang berujung kebangkrutan hingga gonta-ganti pemilik.

Sederet masalah tersebut sempat membuat Venezia turun drastis ke Serie D. Untungnya, kini Arancioneroverdi kembali ke Serie A lagi.

Sembari bernostalgia, ada baiknya kembali mengenang sejarah serta profil Venezia di sepak bola Italia. Berikut rangkumannya.