In-depth

Hal yang Harus Dibenahi Liverpool Usai Gagal Pertahankan Gelar Liga Inggris

Jumat, 23 Juli 2021 17:49 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© (Photo by Laszlo Szirtesi/Getty Images)
Liverpool gagal mempertahankan gelar Liga Inggris mereka yang sempat sulit diraih. Copyright: © (Photo by Laszlo Szirtesi/Getty Images)
Liverpool gagal mempertahankan gelar Liga Inggris mereka yang sempat sulit diraih.

INDOSPORT.COM - Liverpool dan Jurgen Klopp memang harus berbenah diri usai gagal mempertahankan gelar juara Liga Inggris mereka musim lalu.

Berstatus kampiun 2019-2020, The Reds yang mengakhiri puasa gelar setelah 30 tahun, menjajaki musim 2020-2021 dengan penuh kepercayaan diri, namun tak disangka Jordan Henderson dkk justru terseok-seok di awal langkahnya.

Selain jimat keberuntungan yang mungkin menipis setelah jadi juara, mereka juga kehilangan sejumlah pemain inti karena cedera. Lini belakang skuat Jurgen Klopp nampak goyah apalagi usai ditinggal Virgil van Dijk yang cedera panjang.

Untuk mengatasi masalah ini pun, para pemain ‘dipaksa’ menambal lubang yang kosong dan bermain di posisi lain. Salah satu yang paling terlihat adalah sang kapten, Jordan Henderson, yang ditarik ke lini pertahanan.

Untungnya, mendatangkan Ozan Kabak sebagai amunisi darurat, meski sempat terseok-seok juga, pada akhirnya cukup berfaedah. Ia turut membantu Liverpool keluar dari lubang jarum dan terselamatkan di klasemen liga.

Liverpool mengakhiri musim 2020-2021 di peringkat tiga klasemen akhir Liga Inggris dengan raihan 69 poin dari 38 pertandingan. Sementara itu, gelar juara mereka berhasil dikudeta Manchester City (86 poin).

Hasil lumayan Liverpool musim lalu tentu patut disyukuri meski status sebagai juara bertahan Liga Inggris raib dicuri sang rival.

Memasuki musim 2021-2022, Jurgen Klopp dan para pemainnya pun harus berbenah, apalagi menyusul hasil pramusim mereka yang kurang memuaskan, padahal hanya melawan tim yang biasa-biasa saja.

Melawan Wacker Innsbruck dan VfB Stuttgart, The Reds hanya mendulang hasil imbang 1-1. Sementara itu, laga pramusim melawan Mainz 05 baru akan digelar hari ini, Jumat (23/07/21) pukul 4.30 sore waktu setempat.

Terlepas dari apa pun hasil kontra Mainz nantinya, Liverpool memang harus memperbaiki beberapa hal agar bisa berjaya lagi pada musim 2021-2022, dan pastinya, menantang kembali gelar Liga Inggris yang dikudeta Manchester City.

Kira-kira apa saja poin yang sebaiknya jadi atensi utama Jurgen Klopp untuk dibenahi di The Reds?