In-depth

AC Milan vs Modena: Duel Beda Kasta yang Pernah Berakhir Sama Kuat

Sabtu, 24 Juli 2021 15:05 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Marco Luzzani/Getty Images
AC Milan akan menghadapi Modena, Sabtu (24/07/21). Copyright: © Marco Luzzani/Getty Images
AC Milan akan menghadapi Modena, Sabtu (24/07/21).

INDOSPORT.COM - Pertandingan uji coba antara dua klub Italia yakni AC Milan vs Modena rencananya akan digelar hari ini, Sabtu (24/07/21). 

Bisa dibilang, agenda ini adalah duel beda kasta yang mempertemukan klub Liga Italia dari Serie A dan Serie C. Meski begitu, ternyata keduanya sudah pernah berjumpa sebelumnya beberapa tahun silam dan meraih hasil imbang.

Jika ditarik ke belakang, AC Milan dan juga Modena pernah bersua di sebuah pertandingan pada 4 April 2004. Saat itu, mereka masih sama-sama berkompetisi di ajang Serie A.

Musim 2000-2001 mungkin bisa dibilang periode penting bagi Modena. Mulai dari masa itu, mereka yang berada di Serie C1 kemudian berhasil promosi ke Serie B, hingga akhirnya mendarat juga di Serie A.

Pertemuan tim ini dengan AC Milan pada tahun 2004 pun berakhir dengan hasil imbang 1-1. Pada waktu itu, Rossoneri dihuni sejumlah pemain seperti Paolo Maldini, Filippo Inzaghi, Clarence Seedorf, dan Andrea Pirlo.

Sementara itu, di kubu lawan ada pula nama-nama seperti Simone Pavan, Fabio Vignaroli, dan Antonio Marasco.

Gol tunggal AC Milan diciptakan oleh John Dahl Tomasson sebelum akhirnya disamakan oleh pemain Modena, Nicola Amoruso. Kedudukan imbang ini pun terus bertahan sampai peluit akhir laga ditiup wasit.

Skuat asuhan Carlo Ancelotti dan Gianfranco Bellotto pun sama kuat dan harus berbagi poin pada matchday ke-28 Serie A Liga Italia musim 2003-2004 tersebut.

Kini, tahun demi tahun telah berlalu dan laga yang mempertemukan AC Milan vs Modena bakal kembali digelar, tapi dengan situasi yang 180 derajat berbeda.

Meski dahulu bisa menahan imbang AC Milan, Modena telah melalui banyak cobaan dalam mempertahankan eksistensi dan sepak terjangnya di kancah sepak bola Italia.

Klub ini tercatat pernah bangkrut pada tahun 2017 usai terus terdegradasi sampai Serie C dan menunggak gaji para pemain. Aksi mogok dan protes pun tidak dapat dihindari, bahkan sampai berbuntut penutupan stadion.

Tidak punya uang, Modena pun harus pasrah dinyatakan bangkrut dan akhirnya dikeluarkan dari Lega Pro pada musim 2017-2018. Sejarah mereka pun saat itu harus tutup buku setelah bertahan ratusan tahun lamanya.