Bola Internasional

Bertobat, AC Milan dan Klub Pendiri ESL Resmi Rujuk dengan ECA

Senin, 16 Agustus 2021 23:34 WIB
Penulis: Ilham Oktafian | Editor: Prio Hari Kristanto
© Yuhariyanto/INDOSPORT/INTERNAT
Sejumlah klub pendiri European Super League (ESL), termasuk AC Milan, berbondong-bondong 'bertobat' dan kembali bergabung dengan Asosiasi Sepak Bola Eropa (ECA). Copyright: © Yuhariyanto/INDOSPORT/INTERNAT
Sejumlah klub pendiri European Super League (ESL), termasuk AC Milan, berbondong-bondong 'bertobat' dan kembali bergabung dengan Asosiasi Sepak Bola Eropa (ECA).

INDOSPORT.COM - Sejumlah klub pendiri European Super League (ESL), termasuk AC Milan, berbondong-bondong 'bertobat' dan kembali bergabung dengan Asosiasi Sepak Bola Eropa (ECA).

Polemik ESL kembali memanas setelah Pengadilan Spanyol memutuskan jika UEFA harus mencabut hukuman pada 11 klub pendiri.

Dalam keputusannya, pengadilan Spanyol menyatakan Real Madrid, Barcelona, Juventus serta 9 klub pendiri lain yakni Manchester United, Manchester City, Liverpool, Chelsea, Arsenal, Tottenham Hotspur, Atletico Madrid, AC Milan dan Inter Milan dinyatakan tidak berhak untuk dijatuhi sanksi apa pun, termasuk denda maupun dikeluarkan dari kompetisi benua biru.

Real Madrid, Barcelona dan Juventus langsung menyambutnya dengan positif. Bahkan ketiganya kompak untuk meneruskan perjuangan mereka soal proyek ambisius ESL.

Sayangnya apa yang diyakini ketiga klub tersebut tampaknya tak diikuti oleh sembilan klub pendiri lain. Pasalnya, beberapa klub pendiri sudah menyatakan 'bertobat' dan kembali bergabung dengan ECA.

Menukil dari Football Italia, dua klub Serie A, AC Milan dan Inter Milan, lebih dulu mengikat janji dengan ECA. Mereka dilaporkan telah menandatangani komitmen hitam di atas putih kepada ECA.

Jalan yang ditempuh AC Milan dan Inter Milan kemudian diikuti oleh beberapa klub pendiri ESL yang lain. Enam klub Premier League yakni Arsenal, Chelsea, Liverpool, Manchester City, Manchester United, Tottenham Hotspur plus Atletico Madrid kini kembali rujuk dengan ECA setelah sempat bercerai pada bulan April lalu.