In-depth

Ketika Liverpool 'Sulap' Mohamed Salah Jadi Jagoan Pencetak Rekor

Jumat, 20 Agustus 2021 20:35 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Paul Ellis/Pool via Getty Images
Mohamed Salah menjelma sebagai rajanya pencetak rekor setelah berseragam Liverpool. Copyright: © Paul Ellis/Pool via Getty Images
Mohamed Salah menjelma sebagai rajanya pencetak rekor setelah berseragam Liverpool.

INDOSPORT.COM - Sejak pertama mendarat sebagai pemain Liverpool di Liga Inggris, Mohamed Salah telah mencetak serentetan rekor fantastis.

Hingga saat ini, pemain asal Mesir tersebut sudah mengabdi untuk The Reds selama empat menuju lima musim sejak didatangkan dari AS Roma pada 2017.

Belum apa-apa, Mohamed Salah sudah langsung menggebrak panggung Premier League Liga Inggris dengan mencetak gol saat laga debut. Tanggal 12 Agustus 2017 pun dicatat sebagai hari bersejarah baginya.

Bermain melawan Watford, Liverpool hanya bisa bermain imbang 3-3. Tiga gol dari kubu The Reds yang tercipta malam itu masing-masing dilesatkan oleh trio yang jadi andalan mereka di skuat Jurgen Klopp.

Ya, siapa kalau bukan Sadio Mane, Roberto Firmino, dan Mohamed Salah. Nama yang disebut terakhir pun menjelma sebagai salah satu mesin gol andalan Liverpool, nasib yang berbeda 180 derajat ketika ia masih berseragam Chelsea.

Seperti yang diketahui, alih-alih menjadi andalan di klub London Barat tersebut, ia justru dipinjamkan ke Fiorentina dan AS Roma. Namun setelah kembali ke Liga Inggris bersama Liverpool, takdir membawanya menuju kesuksesan.

Bukan sekadar kesuksesan yang standar-standar saja macam jadi top skor atau menang trofi, tetapi juga menciptakan seabrek rekor hebat yang layak mendapat tepukan tangan dari publik sepak bola dunia.

Segala pencapaiannya di ajang Liga Inggris pun membuat ayah dua anak ini tidak kalah hebat dari sosok-sosok seperti Thierry Henry atau Wayne Rooney.

Saat masa-masa awalnya bersama Liverpool, Mohamed Salah bahkan menunjukkan ketajamannya sebagai seorang goalscorer andal.

Rekor pun pecah pada 2017-2018, yakni jumlah gol terbanyak (32) yang dicetak dalam satu musim penuh Liga Inggris. Sebelumnya, ada Luis Suarez, Alan Shearer, dan Cristiano Ronaldo yang menelurkan 31 gol.

Masih pada musim yang sama, Mohamed Salah mencetak gol di 24 pertandingan berbeda dalam satu musim Liga Inggris, yang mana masuk sebagai sebuah sejarah sepanjang kompetisi ini digelar.

Selain itu, ia pun berhasil menggondol predikat sebagai pemain Afrika pertama di Liga Inggris yang menorehkan 30 gol lebih dalam satu musim.