Liga Inggris

Cepat Balik ke Performa Terbaik di Liga Inggris, Virgil Van Dijk Panen Pujian

Selasa, 31 Agustus 2021 17:23 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Juni Adi
© John Powell/Liverpool FC via Getty Images
Virgil van Dijk Copyright: © John Powell/Liverpool FC via Getty Images
Virgil van Dijk

INDOSPORT.COM - Penampilan gemilang Virgil van Dijk untuk Liverpool musim ini di Liga Inggris, mendapat apresiasi dari Mark Lawrenson.

Mantan bek tengah The Reds era 1981-1988 itu takjub dengan performa apik sang suksesor walau belum lama pulih dari cedera panjang.

Sosok Van Dijk bahkan dibandingkan oleh Lawrenson dengan Alan Hansen yang merupakan partnernya di lini belakang dahulu. Bukan hal sepele mengingat Hansen adalah legenda besar Liverpool yang sukses menyumbang puluhan trofi mayor semasa tampil di dekade 70 dan 80-an.

"Bagi Van Dijk, sepak bola tampak begitu mudah. Layaknya Hansen, seringkali ia menyelesaikan pertandingan tanpa perlu membuat seragamnya kotor," papar Lawrenson pada Off The Ball.

"Di mataku Van Dijk dan Hansen memiliki banyak kemiripan. Dua-duanya bak Rolls-Royce d posisi defender tengah. (Joel) Matip jadi tampak lebih hebat saat bermain bersamanya,"

"Dengan Van Dijk di sisinya, Matip terkadang bebas untuk bergerak sedikit lebih maju. Aku pikir ia sebenarnya bukan pemain kelas atas tapi itulah yang membuat kehebatan Van Dijk makin terlihat," tambah pria yang juga pernah berbaju Preston North End dan Brighton and Hove Albion itu.

Kebangkitan Van Dijk musim ini memang patut diapresiasi. Pasalnya cedera bagian Anterior Cruciate Ligament atau yang biasa disebut ACL bukan problem sembarangan.

Tidak sedikit pesepakbola yang mengalami redup karier atau bahkan terpaksa pensiun karenanya. Van Dijk mendapatkan cedera tersebut saat menghadapi Everton di ajang Liga Inggris musim lalu.

Ia bertabrakan dengan kiper The Toffees, Jordan Pickford, dan harus absen sampai akhir musim plus melewatkan hampir 50 pertandingan dan juga Euro 2020 dengan statusnya sebagai kapten Belanda.